Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berhasil  menyelesaikan pengerjaan 256 titik program penataan kawasan di seluruh kelurahan yang sebelumnya kumuh.

"Di DKI ada 256 kelurahan. Berarti hari ini ada 256 titik lokasi yang sebelumnya jelek, agak kumuh menjadi baik," kata Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, saat ditemui di kantor kelurahan Kembangan Selatan, Kamis.

Penataan kawasan adalah program perbaikan setiap satu titik di kelurahan yang dinilai kumuh, fasilitas yang rusak, dan gelap.

Dengan program perbaikan ini, lingkungan yang sebelumnya dinilai tidak layak huni dapat ditempati warga dengan nyaman.

Dalam melaksanakan program penataan kawasan ini, Pemprov DKI Jakarta menggandeng beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)  seperti Dinas Sumber Daya Air untuk membenahi saluran air dan Dinas Bina Marga untuk membenahi jalan dan penerangan jalan umum.

Untuk masalah penanaman tanaman, pihaknya menggandeng Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian serta Dinas Pertamanan dan Hutan Kota.

"Ini tidak pakai biaya. Dinas Pertamanan disuruh sumbang pohon, rumput. KPKP sumbang ikan, pohon produktif. Perbaikan aspal dari Bina Marga, perbaikan lampu dari seksi Penerangan Jalan dan Umum," terang dia.

Hingga saat ini, Budi memperkirakan seluruh kegiatan perbaikan sudah berjalan maksimal.

Meski sudah memperbaiki 256 titik lokasi perbaikan, Budi bakal terus mengerahkan jajaran wali kota hingga kelurahan agar mencari titik lokasi baru untuk mendapatkan program penataan.

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2023