Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar menyatakan partainya siap menfasilitasi hak politik penyandang disabilitas pada Pemilu 2024.

“Rekan-rekan disabilitas itu punya hak politik yang sama dan setara, semua sama, sama-sama warga negara yang dapat menorehkan prestasi dan berjuang untuk Indonesia,” katanya usai diskusi PKB di Jakarta, Kamis.

Wakil Ketua DPR RI itu menyatakan PKB selama ini bukan saja memperjuangkan hak penyandang disabilitas, namun memfasilitasi mereka di jalur politik. Dengan begitu, ia berharap hak penyandang disabilitas dapat terwujud sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Baca juga: Muhaimin Iskandar: PKB konsisten hapuskan diskriminasi
Baca juga: Muhaimin instruksikan kader PKB dan Nahdliyin pasang gambar Pancasila


“PKB siap memfasilitasi hak politik penyandang disabilitas. Saya sudah perintahkan kepada pengurus untuk mempermudah pendaftaran calon legislatif untuk mereka," katanya menegaskan.

Sementara itu, Juru Bicara Milenial PKB Didiet Fitrah mengatakan partainya saat ini membuka pendaftaran calon legislatif untuk penyandang disabilitas pada Pemilu 2024.

"Ini merupakan inisiator Gus Muhaimin, dan penyandang disabilitas tidak hanya subjek politik. PKB terbuka untuk penyandang disabilitas mendaftar sebagai calon legislatif," katanya.

Meski demikian, Didiet mengaku belum mendata ulang terkait jumlah penyandang disabilitas yang sudah mendaftar sebagai Caleg 2024 dari PKB karena hal itu masih dikalkulasi.

"Kita belum bisa sampaikan dan kita masih melakukan kalkulasi," ujarnya

Pewarta: Fauzi
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023