Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan bahwa saat ini dirinya lebih fokus untuk memberikan dampak kemajuan ekonomi bagi Indonesia.

"Kontestasi politik ini terus berjalan, kami fokus pada pemikiran kebangsaan, jadi bagaimana berkelanjutan mempercepat pembangunan," kata Sandiaga Uno dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Ia menegaskan kegiatan yang dilakukan saat ini lebih sering bersilaturahmi dan melakukan kegiatan untuk memberikan dampak positif bagi kemajuan ekonomi.

"Nanti permasalahan politik di atas sana yang mulai merajut," ujarnya.

Hal itu disampaikan Sandiaga saat memberikan bantuan pemerintah subsektor film untuk Desa Wisata Baros, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Sandiaga berharap bantuan itu dapat menunjang kebutuhan pembuatan konten kreatif karena terbukti berkat bantuan yang diberikan dapat memenangkan berbagai penghargaan festival film.

"Saya mendorong komunitas film Citalutug dapat mengikuti festival film bulanan dan menjadi juara untuk dikirim ke festival film. Dengan begitu talenta-talenta lokal akan muncul dan berkembang, sehingga bisa menjadi cikal bakal infrastruktur ekonomi kreatif yang betul-betul diperlukan,” harapnya.

Sandiaga menambahkan saat ini Kemenparekraf terus merevitalisasi destinasi wisata sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, salah satu pembina Desa Wisata Baros Firman (41) mengapresiasi kehadiran Sandiaga Uno ke desanya san berharap kegiatan ini dapat memperkenalkan Desa Wisata Baros hingga ke mancanegara.

"Adanya program dari Gemawira dan Menparekraf Sandiaga Uno itu sangat mendukung kita. Harapannya semoga lebih mengenalkan Desa Wisata Baros ke masyarakat luar," katanya.

Dalam kegiatan ini, Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) melakukan pelatihan pengelolaan bisnis desa wisata dan juga konten video kreatif. Kegiatan tersebut untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata yang membawa manfaat pada kesejahteraan masyarakat desa.

Pewarta: Fauzi
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2023