Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Barat bersama Pemerintah Kota Jakarta Barat melantik 168 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS).

"Sebanyak 168 orang itu adalah petugas yang akan menjaga jalannya pemilu di wilayah Jakarta Barat. Jumlah itu berasal dari tiga petugas setiap kelurahan kali 56 kelurahan seluruh Jakarta Barat," kata ketua KPU Jakarta Barat, Cucum Sumardi saat ditemui di kantor Wali Kota Jakarta Barat, Selasa.

Cucum menjelaskan tugas PPS ini diantaranya menerima masukan dari masyarakat terkait DPS hingga melaksanakan tahapan penyelenggaraan Pemilu di tingkat kelurahan desa yang telah ditetapkan oleh KPU, KPU Provinsi.

"Mereka sebagai ujung tombak penyelenggara tingkat paling bawah, tingkat kelurahan mereka juga harus melakukan pemetaan PPS," kata dia.

Sebelumnya, lebih dari 1.000 orang mendaftar untuk menempatkan posisi anggota PPS ini. Setelah melalui proses penyeleksian, tercatat ada 573 orang dinyatakan lulus administrasi.

Sebanyak 573 orang ini lalu mengikuti tes Computers Assited Test (CAT), dari seleksi ini  420 orang dinyatakan lulus.

"Dari 420 orang kita lakukan wawancara satu persatu sehingga kita dapatkan lulus 168 orang," lanjut Cucum.

Sebanyak 168 orang ini akan melakukan pelatihan dan pembekalan khusus guna agar dapat menjalankan tugas PPS di lapangan.

Dia berharap keberadaan 168 anggota PPS ini dapat membantu proses pemilu presiden dan legislatif di tingkat wilayah berjalan dengan baik.
Baca juga: KPU Lantik 195 anggota Panitia Pemungutan Suara seluruh Jakarta Timur
Baca juga: Sekjen PPP harap DPW PPP DKI Jakarta memulai kerja pemenangan Pemilu
Baca juga: Bawaslu Jaksel: Warga yang penuhi syarat segera daftar jadi PKD

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2023