Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mempersiapkan kota itu masuk dalam Jejaring Kota Sehat Se-Asia Tenggara atau ASEAN.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Selasa, mengatakan Kota Makassar bersama kota-kota lainnya di Asia Tenggara dipersiapkan masuk dalam Kota Sehat berdasarkan arahan dan indikator dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Makassar menjadi salah satu kota yang diusulkan. Nanti kita lihat perkembangannya, apa yang dipersiapkan lagi karena saya masih harus rapat dengan orang WHO," ujarnya.

Danny - sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan salah satu komitmen dirinya adalah menyediakan fasilitas umum dan fasilitas sosial seperti sarana olahraga yang bisa digunakan masyarakat.

Ditambah pola hidup masyarakat yang juga turut andil dalam menjaga kebersihan menjadi elemen penting dalam mewujudkan Kota Sehat itu.

"Itu dalam rangka Kota Sehat Jejaring ASEAN. Makanya saya masih harus ikut zoom dulu dengan WHO. Memang Makassar salah satu yang diusulkan menjadi kota sehat dalam jejaring ini," katanya.

Baca juga: Baznas Makassar salurkan zakat kepada warga prasejahtera di Soppeng

Baca juga: Unismuh Makassar jajaki kerja sama pengembangan pendidikan dengan AS


Sementara itu, Guru Besar Bidang Kebijakan Kesehatan FKM Unhas Prof Sukri Palutturi menuturkan saat ini WHO Asia Tenggara sedang melakukan identifikasi terhadap perwakilan kota-kota sehat di Indonesia.

Dari catatannya, sekitar 10 kota di Indonesia dan khusus untuk Sulsel Makassar termasuk di dalamnya.

"Kami berharap Kota Makassar masuk dalam kategori Kota Sehat Jaringan Asia Tenggara. Apalagi komitmen Wali Kota Makassar Danny Pomanto sangat peduli dengan kesehatan," katanya.

Ia menuturkan, jika misalnya Kota Makassar bersedia masuk dalam jajaran kota sehat maka ada persyaratan yang harus dipenuhi.

"Besok diagendakan meeting bersama WHO. Dan secara detail akan banyak yang dinilai seperti berkaitan dengan kelembagaan, kepemimpinan dan inovasi," lanjutnya.

Menurut dia, kota yang sehat sesungguhnya bukan soal kesehatan saja tetapi bagaimana melibatkan pemerintah, swasta juga masyarakat.

Ia berharap Makassar masuk dalam jejaring kota sehat Asia Tenggara dan pihaknya siap mendukungnya.

Baca juga: Makassar masuk 10 besar Tingkat Gemar Membaca di Indonesia Perpusnas

Baca juga: Baznas Makassar serahkan bantuan untuk korban puting beliung

 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2023