Jakarta (ANTARA) - Mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu tim kecil koalisi perubahan dari Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di kediamannya di Jakarta Selatan, Jumat.

"Kami berkumpul makan siang bersama di rumah, bersama dengan teman-teman partai koalisi, yaitu NasDem, Demokrat, dan PKS," kata Anies usai pertemuan.

Dia menjelaskan pertemuan itu membahas perkembangan koalisi untuk terus bergerak bersama dan menguatkan soliditas menjelang Pemilu 2024.

Hadir dalam pertemuan itu antara lain Juru Bicara Tim Anies Baswedan, Sudirman Said, Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman, dan Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto.

Sudirman Said menjelaskan pertemuan antara Anies dengan tokoh-tokoh koalisi itu sering dilakukan untuk membahas perkembangan dinamika pencapresan.

"Kadang-kadang sepekan dua kali. Setiap makan pasti ada pertemuan dan hari ini bertemu untuk mendengar berbagai progres atau update dari masing-masing partai politik," kata Sudirman.

Baca juga: Sudirman Said: Komunikasi Koalisi Perubahan kian intens dan terbuka

Dalam pertemuan di kediaman Anies Baswedan itu juga merespons pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terkait komitmennya mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden.

"Ketua Umum Partai Demokrat mengeluarkan rilis atau pernyataan bahwa telah secara resmi mendukung pencalonan," tambahnya.

Menurut Sudirman, pernyataan AHY itu merupakan perkembangan penting di mana tinggal selangkah lagi koalisi tersebut sudah mencukupi 20 persen persentase pencalonan.

"Tinggal satu lagi dan insya Allah kami doakan mudah-mudahan teman dari PKS juga akan menyusul pernyataan semacam itu," katanya.

Sebelumnya, AHY mengajak Partai NasDem dan PKS untuk segera membentuk sekretariat perubahan sebagai bukti keseriusan dan komitmen bersama. Terkait usungan capres, dia mengatakan sudah ada kesamaan cara pandang dari ketiga partai untuk mengusung Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

"Bagi Demokrat, Anies adalah tokoh perubahan dan perbaikan," ujar AHY.

 Baca juga: Demokrat serahkan sepenuhnya keputusan bakal cawapres ke Anies

Pewarta: Fauzi
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2023