Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) berencana menggelar bazar tingkat kecamatan dan kelurahan saat Ramadhan 2023, antara lain bertujuan untuk membantu para peserta Jaktrainer dalam memasarkan produknya.

"Kita gelar saat bulan puasa. Nanti bazar di setiap kecamatan dan kelurahan," kata Kepala Suku Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUMKM) Jakarta Barat, Iqbal Idham Ramid, saat ditemui di Jakarta Barat, Jumat.

Iqbal menjelaskan bazar tersebut akan digelar sebanyak 15 kali di masing-masing kecamatan dan 10 kali di kantor Wali Kota Jakarta Barat.

Dalam bazar tersebut, pihaknya akan menyediakan 15 tenda yang akan ditempati oleh 30 peserta Jaktrainer.

Baca juga: Parekraf Jaksel meriahkan tahun baru dengan acara seni dan bazar UMKM

"Yang mengikuti bazar bukan hanya dari pelaku Jaktrainer PPKUMKM tapi peserta Jaktrainer dari Sudin pengampu lain juga ikut," kata dia.

Beberapa Sudin pengampu lain di antaranya, Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian, Sudin Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi, Sudin Sosial, Sudin Pariwisata Ekonomi dan Kreatif hingga Sudin Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP)

Di sana mereka akan menjajakan segala macam olahan para peserta Jaktrainer dari mulai kuliner hingga kerajinan tangan.

Lebih lanjut, Iqbal menjelaskan gelaran bazar tersebut akan diadakan pada pekan terakhir di setiap bulan.

Baca juga: Pemkot Jakbar dan Bank DKI gelar bazar produk UMKM

"Tujuannya agar bertepatan dengan warga yang baru saja gajian. Jadi, pembelinya pun semakin banyak," kata dia.

Dengan bazar tersebut, dia berharap para pelaku Jaktrainer bisa dengan mudah memasarkan produknya sehingga pemasukan pun bertambah.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2023