Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Minggu (29/1), mulai dari Presiden RI Joko Widodo secara resmi memulai keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023 hingga Menpan RB Abdullah Azwar sampaikan program reformasi birokrasi (RB) tematik ditargetkan dapat berdampak optimal dalam pengentasan kemiskinan.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

Jokowi gowes ke Bundaran HI untuk "kick off" Keketuaan RI di ASEAN

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menggowes atau mengendarai sepeda ke Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu, untuk secara resmi memulai keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023.

Jokowi yang menggunakan jaket "bomber" hijau, kaos lengan panjang putih, topi dan celana panjang, didampingi sejumlah jajaran menteri, antara lain, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Selengkapnya baca di sini.


Azwar Anas sebut RB tematik ditargetkan optimal entaskan kemiskinan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan program reformasi birokrasi (RB) tematik, ditargetkan dapat berdampak optimal dalam pengentasan kemiskinan, seperti tercapainya target penurunan kemiskinan menjadi tujuh persen pada tahun 2024.

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, program birokrasi harus berdampak optimal. Salah satunya, terkait pengentasan kemiskinan,” ujar Anas dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.


Jokowi jawab soal kemungkinan "reshuffle" kabinet Rabu pekan depan

Presiden RI Joko Widodo menjawab pertanyaan jurnalis tentang kemungkinan reshuffle atau perombakan kabinet dilakukan Rabu (1/2).

Awalnya wartawan menyampaikan kepada Jokowi bahwa Rabu pekan depan merupakan Rabu Pon. Rabu Pon seringkali dijadikan momentum oleh Jokowi untuk melakukan perombakan kabinetnya.

Selengkapnya baca di sini.


Anggota MPR: Perlu langkah sistematis atasi kekerasan seksual anak

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat berpandangan diperlukan langkah nyata, segera, dan sistematis yang didukung seluruh pihak dalam mengatasi persoalan tren peningkatan kasus kekerasan seksual anak.

"Tren peningkatan kasus kekerasan seksual anak membutuhkan langkah segera dan sistematis yang harus didukung semua pihak agar akar persoalan yang memicu peningkatan jumlah kasus bisa segera diatasi," kata Lestari dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.


Partai NasDem: Pertemuan Jokowi-Surya Paloh silaturahim biasa

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai NasDem Hermawi Taslim mengatakan bahwa pertemuan antara Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) merupakan silaturahim biasa antara pimpinan partai politik dengan presiden.

“Jadi itu silaturahim biasa antara pimpinan partai politik dengan presiden dan harusnya semua partai melakukan itu,” kata Taslim kepada wartawan di NasDem Tower, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

 

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2023