- Laporan Meksiko tentang Pariwisata Menunjukkan Pertumbuhan yang Kuat dari Sektor Publik dan Swasta

     NEW YORK, 5 Oktober 2012 (ANTARA/PRNewswire) -- Menteri Pariwisata Meksiko, Gloria Guevara mengumumkan Laporan Keenam Pemerintah tentang Pariwisata. Laporan ini menjelaskan periode pertumbuhan yang kuat dalam kedatangan pariwisata - baik domestik maupun internasional - selain investasi di sektor publik dan swasta di bidang pariwisata selama enam tahun terakhir. Pariwisata, yang merupakan lebih dari sembilan persen produk domestik bruto Meksiko, adalah prioritas nasional.

     Laporan ini merinci lima prioritas utama, pertumbuhan pariwisata domestik, pertumbuhan pariwisata internasional, investasi pariwisata publik, investasi pariwisata swasta dan diversifikasi pasar.

     Meksiko telah mengalami peningkatan sebesar 53,7% dalam investasi sektor swasta, dari $12.833.000 peso pada tahun 2001 menjadi $20.200.000 peso pada tahun 2012 - yang menjadi faktor utama di Meksiko setelah tahun terbaik pariwisata pada tahun 2011 dengan 23,4 juta orang [kedatangan penerbangan internasional].

     Investasi sektor publik juga telah meningkat, selama pemerintahan Calderon, meningkat sebesar 582% selama pemerintahan Presiden Ernesto Zedillo dan 146,8% selama pemerintahan Vicente Fox.

     Antara tahun 2006 dan 2011, jumlah wisatawan domestik dan asing meningkat dari 162 juta hingga 191,5 juta (meningkat sebesar 18,2 persen), dan menjadi catatan sejarah.

     Fokusnya adalah konsumen dengan target berbeda di luar Amerika Serikat dan Kanada sebagai upaya menumbuhkan pariwisata ke wilayah tersebut. Terdapat pertumbuhan yang signifikan dari tahun 2006 hingga 2011. Khususnya mengenai turis yang berasal dari Amerika Utara, Meksiko mengamati ada 6.157.505 orang pada tahun 2006 dibandingkan dengan 7.291.136 orang pada tahun 2011, mengalami peningkatan sebesar 18,4% selama periode waktu itu. Sebaliknya, terkait dengan bangsa lain, Meksiko melihat ada 1.948.612 konsumen pada tahun 2006 dibandingkan 2.852.084 pada tahun 2011, mengalami peningkatan penting sebesar 46,4%.

     Menteri Guevara menyatakan bahwa pariwisata, sektor utama perekonomian Meksiko, benar-benar menjadi prioritas nasional. Pemerintah telah mengukuhkan aliansi strategis antara legislator, birokrat, bisnis, serikat pekerja dan akademisi, sehingga membentuk dasar yang kokoh untuk memastikan perkembangan industri di masa depan.

     Meksiko dengan agresif mengejar strategi diversifikasi pasar untuk mengurangi ketergantungan pada pasar Amerika Serikat, menarik wisatawan dari berbagai negara lainnya, antara lain Brasil, China, Rusia, Kanada dan Korea.

     Menteri Guevara juga mengaitkan keberhasilan sektor ini dengan penciptaan produk pariwisata yang inovatif seperti Mundo Maya ("Dunia Suku Maya"), Pueblos Magicos ("Kota Ajaib"), 18 rute gastronomi, film dokumenter "Mexico: The Royal Tour", Rute Mexico dan Program Magic Towns yang lebih ditingkatkan.

     Citra global Meksiko direposisikan sebagian karena mengorganisir dan menggelar forum global antara lain United Nations' World Tourism Organization (UNWTO), World Travel and Tourism Council (WTTC) Americas Summit, World Economic Forum (WEF), T20 meeting of Tourism Ministers di Merida dan G20 yang digelar di Los Cabos berpartisipasi dalam berbagai forum seperti OECD dan APEC.

     Menteri Guevara mengatakan bahwa hari ini Meksiko kian dipandang sebagai pemimpin global dalam industri pariwisata dan sedang menjadi tujuan lima besar pada tahun 2018.

 

Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2012