Tanjung Selor (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Bulungan secara resmi naik status menjadi Polres Kota (Polresta) Bulungan dengan keberadaan Tanjung Selor yang menjadi Ibu Kota Kalimantan Utara.

"Selamat atas kenaikan status dari polres menjadi Polresta Bulungan. Tingkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah dan masyarakat untuk menjaga sinergi pembangunan," kata Kapolda Kalimantan Utara Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Daniel Adityajaya saat meresmikan kenaikan status Polresta Bulungan di Tanjung Selor, Rabu.

Peresmian itu ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Kapolda bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kalimantan Utara dan Kabupaten Bulungan. Mereka juga melakukan pelepasan balon dan burung merpati.

Kapolda melanjutkan kenaikan status ini didasarkan sejumlah pertimbangan. Antara lain seiring perkembangan wilayah dan situasi sosial ekonomi yang turut berkembang.

"Dinamika ini diikuti pembangunan dengan dinamika situasi kamtibmas. Dengan status Polresta tantangan ke depan akan terus berkembang. Maka jumlah maupun kualitas personel akan berkembang, naik pangkat, dan bertambah jumlah personelnya," ujar dia.

Mewakili Gubernur Kalimantan Utara, Asisten I Sekretariat Provinsi Kalimantan Utara Datu Iqro Ramadhan mengatakan Polda Kalimantan Utara dan Polresta Bulungan menghadapi tantangan besar dengan keberadaan sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) di Kaltara serta Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

"Tetapi tantangan tersebut dapat diatasi jika komunikasi dan sinergi dengan Pemda, TNI, tokoh, dan seluruh masyarakat dapat dijaga dan rawat," ujar dia.

Baca juga: Polres Bantul edukasi siswa SD terkait isu penculikan anak
Baca juga: Polres Natuna periksa warga yang pura pura dibegal
Baca juga: Jenazah personel Polres Metro Kepulauan Seribu dibawa ke rumah duka

Pewarta: Muh. Arfan
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2023