Shenzhen (ANTARA) - China Daratan sepenuhnya membuka kembali perjalanan normal dari dan menuju Daerah Administratif Khusus (SAR) Hong Kong dan Makau mulai Senin (6/2), yang diperkirakan menjadi dorongan kuat bagi pembangunan ekonomi kedua daerah administratif tersebut.

Pembukaan Titik Masuk Lo Wu, Titik Masuk Lok Ma Chau/Huanggang, dan Titik Masuk Heung Yuen Wai/Liantang menandai dimulainya kembali fungsi dari ketujuh titik masuk batas darat antara Shenzhen dan Hong Kong.

Kelompok pelancong pertama pada Senin itu berupa pelajar, pengendara sepeda, dan orang-orang yang bepergian untuk urusan bisnis dan reuni keluarga.

Di Titik Masuk Liantang, berbagai spanduk selamat datang berwarna merah dan karangan bunga menambah keceriaan suasana sambutan bagi para komuter. Sekitar pukul 06.30 waktu setempat, para pelajar sudah mengantre di lintas perbatasan bersama dengan orang tua mereka menuju Hong Kong untuk semester baru.

Pan Qiaojuan, yang tinggal di Distrik Luohu, Shenzhen, tiba lebih awal bersama putranya dalam perjalanan yang telah lama dinanti-nanti itu.

"Saya sudah menantikan momen ini. Hari ini, putra saya akan kembali ke sekolah menengahnya di Hong Kong, dan kami juga akan mengunjungi kakek-neneknya di sana. Kami sudah lama tidak bertemu," kata Qiaojuan.

Perjalanan rombongan wisatawan antara China Daratan dan kedua daerah administratif khusus tersebut juga kembali dibuka pada Senin.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2023