Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan mengharapkan BUMN menjadi pemeran utama dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu, menilai bahwa saat ini BUMN terlihat makin dewasa dalam mewujudkan manifesto BUMN 2045.

"Saya harapkan SP BUMN bisa mencapai tujuannya, yaitu melahirkan sebuah manifesto dari pekerja BUMN menuju BUMN 2045 dalam rangka mewujudkan visi Indonesia Emas 2045," kata Anwar Sanusi saat menyampaikan sambutan dan membuka Kongres III SP BUMN di Semarang, Rabu.

Ia berharap perusahaan-perusahaan BUMN memainkan peranan penting dalam upaya mewujudkan Indonesia Emas 2045. Hal ini dapat diwujudkan salah satunya dengan kekuatan dialog sosial di internal perusahaan BUMN.

Dalam kesempatan itu, Sekjen Anwar pun mengapresiasi perusahaan-perusahaan BUMN bersama serikat pekerjanya yang selama ini mengedepankan dialog sosial dalam menghadapi berbagai persoalan ketenagakerjaan di internal perusahaannya.

"SP BUMN selalu mengedepankan dialog, meskipun nanti ada yang berbeda, tetapi sudah melakukan cara mencari solusi dengan tidak menimbulkan distorsi," ujarnya.

Kongres III SP BUMN turut dihadiri Kadisnakertrans Jawa Tengah Sakina Rosellasari, Presiden Konfederasi SP BUMN Ahmad Irfan Nasution, perwakilan Dirut BUMN, serta perwakilan sejumlah SP/SB di BUMN.
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2023