London (ANTARA) - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada Rabu (8/2) mendesak pemerintah Inggris untuk mengirimkan pesawat tempur ke Ukraina.

Dalam lawatannya ke Inggris, Rabu, Zelenskyy bertemu dengan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak.

"London telah berdiri bersama Kiev sejak hari pertama dan sejak detik dan menit pertama perang," ujar Zelenskyy dalam pidato sambutannya di hadapan Parlemen Inggris.

Zelenskyy juga turut berterima kasih kepada Mantan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, yang telah turut membantu mendesak negara-negara Barat untuk mengirimkan tank ke Ukraina.

"Inggris telah mengulurkan tangan membantu kami ketika dunia masih kebingungan bagaimana harus bereaksi. Boris, Anda meminta bantuan yang lain ketika yang itu tampaknya mustahil. Terima kasih," ucap Zelenskyy.
Baca juga: Mantan PM Inggris Boris Johnson adakan kunjungan mendadak ke Ukraina

Setelah bertemu Sunak, Zelenskyy berkunjung ke Istana Buckingham untuk berjumpa Raja Charles dan menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan kepada warga Ukraina.

"Di Inggris, Raja adalah pilot angkatan udara. Di Ukraina hari ini, setiap pilot angkatan udara adalah raja," katanya.

"Saya akan meninggalkan Parlemen hari ini, terima kasih sebelumnya atas pesawat Inggris yang sangat kuat," lanjutnya.

Sementara itu, Inggris mengumumkan sanksi baru terhadap Rusia yang menargetkan enam entitas dan delapan individu, kata Kementerian Luar Negeri Inggris dalam sebuah pernyataan pada Rabu.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Jerman: Sanksi baru ke Rusia sekitar peringatan perang Ukraina

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2023