Sanggau, Kalbar (ANTARA) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menambah 1.100 base transceiver station (BTS) 4G di wilayah Kalimantan sepanjang 2022 atau tumbuh 42 persen secara tahunan dengan 50 persen dari total BTS sudah terfiberisasi.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan pihaknya akan terus berkomitmen mendukung program pemerintah dalam upaya pemerataan akses internet hingga ke pelosok area.

"Dalam tiga tahun terakhir, XL Axiata berfokus memperluas jaringan di luar Jawa, termasuk melakukan ekspansi jaringan data secara masif di Pulau Kalimantan," kata Gede dalam site visit ke BTS XL di Entikong, Sanggau, Kalimantan Barat, Kamis.

Saat ini, infrastruktur jaringan XL Axiata di seluruh Kalimantan diperkuat oleh kabel fiber optik yang jalurnya membentang sepanjang lebih dari 9.300 kilometer.

Kabel yang menjangkau ke lima provinsi di Kalimantan ini menjadi tumpuan bagi jaringan infrastruktur XL Axiata serta menghubungkannya dengan pulau Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, dan Sulawesi.

"Langkah strategis ini perlu dilakukan mengingat permintaan masyarakat Kalimantan atas layanan data XL Axiata terus meningkat. Dalam setahun, trafik XL Axiata di seluruh Kalimantan meningkat hingga 29 persen year on year," imbuhnya.

XL Axiata juga telah membangun jaringan kabel fiber optik internasional Batam-Serawak yang menghubungkan Malaysia-Indonesia melalui Entikong-Pontianak sepanjang 120 km.

Infrastruktur ini akan memperkuat koneksi internet antara Batam, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi dengan kinerja dan latency yang lebih cepat dan berkualitas yang sudah beroperasi sejak 1 Juni 2022.

Jaringan kabel optik ini juga menjadi alternatif gateway international yang baru bagi Indonesia menuju Kuching, Serawak, dan Hongkong, serta menambah keragaman dan keandalan koneksi ke beberapa POP/HUB di Asia, yang sekaligus akan mendukung jaringan telekomunikasi untuk ibu kota negara di Kalimantan.

"Bagi XL Axiata, infrastruktur baru ini penting untuk bisa mengatasi peningkatan trafik data di masa depan dan menyediakan jaringan berkualitas sehingga bisa memberikan layanan terbaik kepada pelanggan," katanya.

Saat ini, jaringan data XL Axiata di Kalimantan telah menjangkau lebih dari 1.800 desa/kelurahan, 466 kecamatan di 55 kota/kabupaten yang tersebar di lima provinsi, atau lebih dari 75 persen populasi Kalimantan.

"Jaringan XL Axiata di seluruh Kalimantan ini didukung oleh total lebih dari 5.800 BTS 4G," katanya.

Baca juga: XL Axiata himpun dana dari "right issue" Rp5 triliun
Baca juga: Jaringan XL Axiata selama liburan akhir tahun tak terganggu
Baca juga: Surge-XL Axiata kolaborasi pemanfaatan jaringan sepanjang jalur kereta


Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023