Jakarta (ANTARA) - Assalam Fil Alamin (Asfa) Foundation menyalurkan bantuan senilai 100.000 dolar AS atau sekitar Rp1,5 miliar untuk membantu para korban gempa bumi di Turki dan Suriah yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Asfa membantu 50.000 dolar AS untuk korban gempa di Turki dan 50.000 dolar AS bagi Suriah," kata Ketua Asfa Foundation Komjen Pol. (Purn) Syafruddin Kambo melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Syafruddin Kambo memimpin langsung tim tersebut ke Istanbul, Turki, dalam rangka menyalurkan bantuan kemanusiaan tersebut.

Pengiriman tim tersebut juga didampingi Wakil Ketua Lazis Asfa Anizar Masyhadi, Bendahara Asfa Pangeran Arsyad, dan pengurus Asfa Zakir Sabara bersama pimpinan media Herald Achi Rasyid dan rombongan lainnya.

Bantuan untuk korban gempa di Turki itu disalurkan langsung oleh Anizar Masyhadi di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul melalui lembaga resmi dan kredibel di negara tersebut.

Baca juga: Indonesia kirim bantuan gempa dalam dua tahapan ke Turki dan Suriah

Sementara itu, bantuan kemanusiaan untuk korban gempa di Suriah telah disalurkan secara langsung oleh Sekretaris Lazis Asfa M. Adil Triansyah bersama pengurus yayasan tersebut di Jakarta, Kamis (9/2)

Syafruddin menyampaikan duka dan bela sungkawa mendalam atas bencana gempa bumi di Turki dan Suriah yang memakan korban lebih dari 23 ribu orang.

Dalam kesempatan itu, Syafruddin menyerukan agar masyarakat dunia dan lembaga zakat di internasional dan Indonesia untuk turut berkontribusi membantu kedua negara yang sedang ditimpa musibah itu.

Bantuan dari masyarakat Indonesia dapat disalurkan langsung kepada Bulan Sabit Merah Turki atau Turk Kizilay maupun terhubung ke KJRI Istanbul melalui Staf Penerangan, Sosial, dan Budaya (pensosbud) Elizabeth Diana Dewi di nomor +905050780689 (Haqi).

Baca juga: BNPB terima daftar permintaan bantuan untuk korban gempa Turki-Suriah

"Allah senantiasa akan menolong hambanya, selama hamba tersebut menolong orang lain," kata Syafruddin.

Konsulat Jenderal RI di Istanbul Imam Asy'ari mengatakan hubungan Indonesia dan Turki sangat erat. Turki adalah negara yang membantu Indonesia saat gempa bumi tahun 2004 di Aceh dan bencana-bencana lainnya.

Imam mengatakan pada Minggu (12/2), Pemerintah Indonesia akan mengirimkan bantuan berupa alat kebutuhan pokok, medis, makanan, tenda, dan tenaga medis, yang akan diangkut dengan menggunakan dua pesawat terbang dari Jakarta ke Adana.

Baca juga: PMI serahkan bantuan 100 ribu dolar AS untuk korban gempa Turki

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2023