Jakarta (ANTARA) - Puluhan perenang anak-anak turut meramaikan dan beradu kemampuan akuatik mereka dalam BTN Dash Aquatic Challenge, yang digelar di Stadion Akuatik, Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu.

“Senang sekali melihat lebih dari 500 peserta (termasuk perenang, keluarga, dan komunitas), berpartisipasi di BTN Dash Aquatic Challenge. Ini misi dan komitmen kami di Dash Sports untuk berupaya memasyarakatkan olahraga akuatik,” kata Founder dan CEO Dash Sports Alit Aryaguna.

Adapun kompetisi olahraga akuatik untuk keluarga dan komunitas ini merupakan bagian dari BTN Sport Fest 2023, dan bekerja sama dengan hub olahraga digital Dash Sports.

Head of Digital Marketing BTN Vicky Elanda mengatakan, penyelenggaraan ajang ini senada dengan kompetisi olahraga air yang ia nilai semakin populer di berbagai kalangan masyarakat.

Ia menambahkan, diharapkan dengan adanya kompetisi ini mampu memantik semangat anak-anak yang ikut berlomba agar semakin berdedikasi di cabang olahraga tersebut.

“Hari ini ada puluhan peserta anak-anak yang tidak hanya having fun berlomba penuh semangat di kompetisi Mini Water Polo, namun begitu juga para peserta Master yang begitu antusias bertanding di Aquathlon serta peserta lainnya di nomor Swim Challenge yang seru sekaligus menantang,” katanya.

BTN Dash Aquatic Challenge melombakan tiga kompetisi yaitu Aquathlon, Swim Challenge dan Turnamen Mini Water Polo.

Aquathlon menghadirkan kompetisi olahraga yang seru mengkombinasikan tantangan renang dan lari dan terbuka untuk tiga kategori umur. Kategori tersebut adalah Junior (12-16 tahun), Umum (17-39 tahun), dan Master (40 tahun ke atas).

Pertandingannya berformat lari-renang-lari dimana peserta akan berlari sejauh 2,5 kilometer di sekitar area GBK diikuti dengan renang sejauh 500 meter dan ditutup dengan lari kembali berjarak 2,5 kilometer hingga garis finis.

Untuk kompetisi Swim Challenge berfokus pada prestasi, dimana pesertanya adalah perenang dengan usia 15 tahun ke atas. Nomor lomba yang akan dipertandingkan adalah 50 meter gaya kupu-kupu, 50 meter gaya punggung, 50 meter gaya dada, 50 meter gaya bebas.

Sementara itu, Turnamen Mini Water Polo diikuti oleh sejumlah klub renang dari Jabodetabek, dimana masing-masing team beranggotakan tujuh pemain (empat pemain utama dan tiga pemain cadangan).

Tidak hanya jumlah pemain yang berbeda, ukuran area bermainnya juga akan berbeda dengan pertandingan Water Polo sesungguhnya.

Pada turnamen kali ini, peserta pemain polo air berusia 15 tahun dan lebih muda, serta masing-masing tim harus mempunyai dua pemain wanita di dalamnya.

Baca juga: Kompetisi akuatik lokal jadi wadah tumbuhkan bibit atlet baru

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2023