Guiyang (ANTARA) - Provinsi Guizhou mengumumkan akan menginvestasikan dana senilai 20 miliar yuan untuk proyek-proyek yang berkaitan dengan mahadata pada 2023.

Daerah dengan pusat mahadata utama di China barat daya itu berencana mengenalkan lebih dari 200 proyek ekonomi digital dengan pertumbuhan kuat.

Direktur Otoritas Pengembangan Mahadata Provinsi Guizhou Jing Yaping, Senin (13/2), mengatakan pemerintah tersebut akan mempercepat penataan pusat data, jaringan komputasi, 5G, dan infrastruktur digital generasi berikutnya. 

Menurut rencana, pada 2025 akan ada 800.000 rak pusat data dan 4 juta peladen di Guizhou, dengan lebih dari 180.000 stasiun basis 5G dibangun di provinsi tersebut.

Sebagai zona percontohan komprehensif mahadata nasional pertama di China, Provinsi Guizhou terus mendukung industri mahadata sebagai bagian utama dari pembangunan sosial dan ekonomi berkualitas tinggi.

Pada 2023, Produk Domestik Bruto (PDB) Guizhou diperkirakan tumbuh sekitar 6 persen menjadi 2,2 triliun yuan, dengan ekonomi digital menyumbangkan sekitar 40 persen terhadap PDB provinsi tersebut.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2023