Palangka Raya (ANTARA) - Pangdam XII/Tanjung Pura Mayjen TNI Sulaiman Agusto mengatakan, pembangunan gedung RS TK IV Kartika 12.07.03 Palangka Raya, Kalimantan Tengah merupakan upaya meningkatkan fasilitas rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat (yankesmas) secara optimal.

"Hal ini berkaitan dengan meningkatnya kebutuhan pelayanan kesehatan, sehingga mendorong institusi kesehatan untuk terus berbenah terutama meningkatkan kualitas pelayanan," katanya di Palangka Raya, Selasa.  

Dia mengatakan, Rumah Sakit TK IV Kartika 12.07.03 Palangka Raya dan rumah sakit TNI lainnya memiliki tugas serta fungsi sangat vital, dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan bagi prajurit dan PNS TNI beserta keluarga, maupun bagi masyarakat.

"Untuk itu, fasilitas yang ada agar digunakan dan dimanfaatkan seoptimal mungkin. Pelihara dan rawatlah sarana prasarana kesehatan dengan baik, agar masa pakainya lebih panjang dan mampu memberikan pelayanan terbaik," katanya.

Adapun yang baru saja dibangun untuk semakin mengoptimalkan layanan pada Rumah Sakit TK IV Kartika 12.07.03 Palangka Raya di antaranya ruang radiologi, peningkatan UGD serta beberapa lainnya. Selain itu saat ini rumah sakit TNI di Palangka Raya sudah memiliki poli spesialis anak, poli spesialis bedah, poli gigi, serta berbagai fasilitas lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul mengatakan, dengan semakin ditingkatkannya sarana prasarana pada rumah sakit TNI di Palangka Raya akan sangat membantu dalam pengoptimalan pelayanan kesehatan masyarakat secara menyeluruh di wilayah setempat.

"Kami mengapresiasi upaya TNI dalam meningkatkan sarana prasarana rumah sakit, karena kita berharap di Kalimantan Tengah ini ada banyak penambahan sarana karena memang masih kurang," jelasnya.

Dia memaparkan, berdasarkan ketentuan rasio idealnya rumah sakit, setiap seribu penduduk ada satu tempat tidur. Adapun untuk saat ini kondisi tersebut belum dapat dipenuhi secara optimal.

Untuk itu, pemerintah provinsi memberi peluang baik rumah sakit pemerintah maupun swasta untuk menambah fasilitas, dengan harapan semakin mendekatinya rasio dimaksud hingga pelayanan kesehatan menjadi semakin baik lagi.

Baca juga: Pemprov Kepri bangun rumah sakit pembantu TNI AD di Batam

Baca juga: TNI AD mendorong peningkatan layanan rumah sakit

Baca juga: Kasad berkomitmen jadikan RSPAD rumah sakit militer berkelas dunia


 

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2023