Taiyun (ANTARA) - TAIYUAN, 14 Februari (Xinhua) -- Wanjiazhai, waduk utama di bagian tengah Sungai Kuning, pada tahun ini akan kembali mengairi Sungai Yongding, sungai utama yang mengalir melintasi Beijing, ungkap Wanjiazhai Water Holding Group Co., Ltd. pada Selasa (14/2).

Sebanyak 165 juta meter kubik air akan dialirkan dari Wanjiazhai ke Sungai Yongding sebanyak dua kali, pada musim semi dan musim gugur, untuk membantu memulihkan lingkungan ekologis di wilayah Beijing-Tianjin-Hebei.

Ke sungai tersebut, sekitar 100 juta meter kubik air akan dialirkan selama musim semi dengan kecepatan rata-rata 10 meter kubik per detik.

Cekungan Sungai Yongding merupakan salah satu kawasan konservasi air paling penting serta penyekat dan koridor ekologis bagi Beijing dan sekitarnya. Dari 2017 hingga 2022, jumlah air yang dialirkan kembali melampaui 1,1 miliar meter kubik.

Sungai Yongding mengalir melintasi Daerah Otonom Mongolia Dalam, Provinsi Shanxi, dan Provinsi Hebei di China utara, serta kota Beijing dan Tianjin, yang mencakup aliran sepanjang 759 km. Sungai Yongding seksi Beijing memiliki panjang 170 km, dengan luas cekungan 3.200 km persegi. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2023