Jakarta (ANTARA) - Terdapat beberapa berita humaniora yang menarik perhatian pembaca pada Rabu (15/2) mulai dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sejumlah agenda yang perlu menjadi isu prioritas dalam Forum Air Dunia (WWF) 2024 hingga besaran rata-rata Biaya Perjalanan Ibadah Haji dan imbauan kewaspadaan terhadap virus Marburg.

Berikut ini sejumlah rangkuman berita humaniora kemarin:

1. Jokowi: Konservasi air hingga mitigasi bencana jadi isu prioritas WWF

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sejumlah agenda yang perlu menjadi isu prioritas dalam Forum Air Dunia (WWF) 2024, Bali, yakni upaya konservasi, ketersediaan air bersih dan sanitasi, ketahanan pangan dan energi, hingga mitigasi bencana alam berupa banjir dan kekeringan.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

2. Besaran biaya disepakati, DPR berhasil tekan biaya haji 2023

Komisi VIII DPR RI dan Kementerian Agama menyepakati besaran rata-rata Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) menjadi Rp49,8 juta per calon anggota jamaah, yang membuktikan bahwa DPR telah berhasil menekan biaya haji 1444H/2023M.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

3. Jamaah haji lunas tunda 2020 tidak dibebani biaya tambahan pelunasan

Panitia Kerja Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (Panja BPIH) bersama Kementerian Agama dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyepakati calon jamaah haji lunas tunda 1441 H/2020 Masehi tidak dibebani biaya tambahan pelunasan.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

4. Pakar minta RI waspadai virus Marburg yang angka kematiannya capai 80 persen

Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI Prof. Tjandra Yoga Aditama meminta seluruh lapisan masyarakat Indonesia mewaspadai virus Marburg yang bisa menyebabkan potensi angka kematian mencapai 80 persen.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

5. Indonesia butuh Rp204 triliun untuk mencapai "FOLU Net Sink 2030"

Pemerintah Indonesia telah menetapkan penurunan emisi sektor hutan dan penggunaan lahan serta peningkatan serapan karbon atau Forestry and Other Land Uses (FOLU) Net Sink pada tahun 2030.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Desi Purnamawati
COPYRIGHT © ANTARA 2023