Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mendorong aktualisasi nilai-nilai Pancasila, salah satunya adalah gotong royong antarlembaga untuk mencegah stunting di Indonesia.

"Mendorong kerja-kerja gotong royong antarkelembagaan sehingga semangat aktualisasi nilai-nilai Pancasila terjaga kehadirannya di semua bidang pembangunan nasional," kata Yudian ketika memberi sambutan pada acara bertajuk "Kick Off Meeting Pancasila Dalam Tindakan" di Jakarta, Kamis.

"Terutama pembangunan nasional dalam bidang-bidang prioritas yang mendorong terwujudnya pembangunan sumber daya manusia (SDM) unggul," tambahnya.

Baca juga: BPIP: Terapkan nilai Pancasila untuk berantas praktik korupsi

Pencegahan stunting merupakan salah satu program prioritas nasional Indonesia. Program ini bertujuan mewujudkan SDM yang unggul guna meningkatkan kualitas Indonesia untuk memetik bonus demografi.

Menurut Yudian, penting untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam menyukseskan program pencegahan stunting ini.

"Bapak Presiden memberi arahan tentang pentingnya pemerataan fasilitas kesehatan dan pencegahan stunting di daerah," ujar Yudian.

Hal itu merupakan bagian dari tanggung jawab semua pihak untuk berupaya merealisasikannya sesuai dengan tugas dan fungsi kelembagaan masing-masing. "Dengan tetap bergotong royong," imbuhnya.

Selain bertujuan mencegah stunting, Yudian juga menekankan aktualisasi nilai-nilai Pancasila berperan dalam pencegahan kekerasan seksual pada anak dan perempuan, kekerasan dalam rumah tangga, serta mengantisipasi bencana.

Melalui penerapan nilai-nilai Pancasila, yang salah satunya direalisasikan dengan bergotong royong antarlembaga sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing, Yudian meyakini bahwa Indonesia dapat menghadapi berbagai isu tersebut.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2023