Jakarta (ANTARA) - PT Studi Internasional Ultima Kemitraan atau Study International UK (SI-UK) Indonesia mendukung mahasiswa penerima beasiswa Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan Indonesia (LPDP) untuk melanjutkan studi mereka di UK.

SI-UK sendiri merupakan satu-satunya organisasi Inggris cabang Indonesia yang mewakili semua universitas UK tingkat dunia sehingga berupaya menjembatani komunikasi bagi universitas-universitas UK di dalam jaringannya.

“Salah satu contohnya seperti menjembatani komunikasi antara University College of London (UCL) dengan LPDP,” kata Country Director SI-UK Indonesia Gianti Atmojo di Jakarta, Kamis.

Gianti mengatakan seiring UCL menduduki peringkat ke-8 di dunia pasti masih menjadi pilihan favorit banyak mahasiswa termasuk penerima beasiswa LPDP.

Baca juga: Prabowo ingatkan penerima beasiswa di Australia kembali ke Tanah Air

Baca juga: Sri Mulyani harap alumni LPDP bisa kembali ke Indonesia


Oleh sebab itu, ia mengupayakan UCL hadir langsung pada pameran pendidikan bertajuk Study in UK Expo 2023 yang diadakan pada akhir Januari lalu dengan dihadiri oleh lebih dari 1.800 calon mahasiswa.

Tak hanya UCL, SI-UK Indonesia juga mendatangkan 23 universitas bergengsi dari UK beserta masing-masing perwakilan perguruan tinggi guna memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk berkonsultasi secara langsung.

Terlebih lagi, pendaftaran beasiswa LPDP tahap 1 sedang dibuka sejak 25 Januari 2023 dan akan berlangsung hingga 25 Februari 2023 mendatang.

Selain melalui pameran pendidikan, SI-UK Indonesia juga melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah serta menyediakan layanan konsultasi dan pendaftaran secara on-site maupun online.

SI-UK Indonesia memberi beberapa saran bagi calon mahasiswa yang akan melanjutkan studi di UK seperti melakukan konsultasi dengan konsultan terpercaya sebelum memutuskan untuk melanjutkan studi di universitas dan jurusan tertentu.

Kemudian calon mahasiswa dapat memilih universitas dan jurusan yang dituju sesuai preferensi yang jika berkonsultasi dengan SI-UK Indonesia maka akan diberikan saran tiga universitas terbaik sesuai latar belakang yang dimiliki.

Setelah konsultasi dan pemilihan universitas selesai, calon mahasiswa dapat mengirimkan transkrip nilai, personal statement, CV, surat referensi serta formulir pendaftaran kepada konsultan yang dipilih.

Melalui SI-UK Indonesia, setiap dokumen yang terkirim akan ditinjau kembali, diperiksa menyeluruh dan dilihat jika sekiranya pendaftaran yang dibuat telah memenuhi syarat dan tidak memiliki kesalahan.

Sembari menunggu proses tersebut, calon mahasiswa dapat secara bersama melakukan pemeriksaan level atau skor International English Language Testing System (IELTS) British Council.

Selanjutnya setelah keseluruhan aplikasi dan dokumen yang diperlukan terkirim maka mahasiswa tinggal menunggu pengumuman terkait penerimaan tawaran bersyarat (conditional offer) atau tanpa syarat (unconditional offer) dari universitas yang dituju.

Pada tahap ini, konsultan pendidikan SI-UK akan mengakomodir pilihan mahasiswa dengan memberikan saran terbaik untuk menunjang keputusan yang diambil oleh mereka.

“SI-UK Indonesia berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik di bidang pendidikan terutama bagi mereka para mahasiswa dan calon mahasiswa Indonesia,” tegas Gianti.*

Baca juga: Dirut LPDP: Target beasiswa Kemendikbudristek 282.334 orang

Baca juga: Target penerima beasiswa LPDP 2023 sebanyak 7.000 orang

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2023