Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa dibuka jatuh hampir satu persen pada Jumat, karena saham teknologi yang sensitif terhadap suku bunga terpukul oleh taruhan baru bahwa Federal Reserve AS akan bertahan pada lintasan pengetatan moneternya.

Sementara Mercedes-Benz dan Sika naik, karena laba yang optimis.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa merosot 0,9 persen pada pukul 08.13 GMT, dengan saham sektor teknologi tergelincir 1,8 persen.

Data AS pada Kamis (16/2) menunjukkan kenaikan harga produsen tertinggi dalam tujuh bulan pada Januari, sementara laporan lain menunjukkan jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran secara tak terduga turun minggu lalu, memicu prospek kenaikan suku bunga Fed lebih lama.

Sisi baiknya, pembuat mobil premium Mercedes-Benz Group terangkat 1,8 persen, setelah perolehan laba tahunannya mengalahkan perkiraan para analis dan membukukan pendapatan yang lebih kuat.

Saham Sika AG juga melonjak 3,3 persen setelah perusahaan bahan kimia Swiss itu melaporkan laba operasi yang lebih baik dari perkiraan untuk tahun 2022.
Baca juga: Saham Eropa dibuka lebih rendah karena Barclays dan Kering jatuh
Baca juga: Saham Eropa dibuka lebih tinggi terangkat kenaikan saham Airbus

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2023