Singapura (ANTARA) - Dolar diparkir di bawah puncak baru-baru ini di awal sesi Asia pada perdagangan Selasa, karena reli tiga minggu memudar dan pedagang menunggu data ekonomi untuk mencari tahu apakah itu diperlukan untuk mendorong dolar naik lebih jauh.

Data tenaga kerja AS yang kuat dan inflasi yang kaku telah meningkatkan ekspektasi suku bunga AS dan mendukung reli dolar sejauh bulan ini - data manufaktur Eropa dan AS pada Selasa dan indeks harga inti PCE pada Jumat (24/2/2023) akan memandu langkah selanjutnya.

Setelah Senin (20/2/2023) yang tenang karena liburan Hari Presiden di Amerika Serikat, dolar berdiri stabil di 132,24 yen dan 1,0687 dolar per euro, dengan mata uang bersama menemukan dukungan kuat di atas 1,06 dolar.

Indeks dolar AS telah naik tiga minggu berturut-turut untuk kenaikan sekitar 1,7 persen hingga Februari sejauh ini, tetapi telah stabil di 103,86, turun dari tertinggi enam minggu di 104,67 yang dicapai pada Jumat (17/2/2023).

"Ketidakmampuan euro/dolar pada Jumat (17/2/2023) untuk mendorong lebih rendah setelah menembus di bawah 1,0650 dolar agak memperbesar pasar valas bagi saya," kata ahli strategi Societe Generale Kit Juckes.

"Ada dua alasan mengapa kenaikan dolar macet," tambahnya, mencatat bahwa prakiraan pertumbuhan Eropa dan AS cenderung sejalan dan perbedaan ekspektasi suku bunga relatif menyempit.

"Saya menduga bahwa kekuatan dolar yang lebih signifikan akan membutuhkan pasar berjangka Dana Fed untuk mulai menetapkan perkiraan kenaikan suku bunga 50 basis poin pada Maret," katanya, dikutip dari Reuters.

Dana Fed berjangka saat ini menyiratkan sekitar 16 persen peluang untuk itu, sementara di Eropa kenaikan 50 basis poin pada Maret telah diperkirakan. Di tempat lain, pasar mata uang secara luas stabil.

Kenaikan harga minyak dan yuan China yang stabil memberikan dukungan kepada dolar Australia yang duduk di 0,6920 dolar AS karena para pedagang menunggu rilis risalah dari pertemuan Februari bank sentral Australia.

Dolar Selandia Baru bertahan di 0,6259 dolar AS menjelang pertemuan bank sentral pada Rabu (22/2/2023). Pasar memperkirakan kenaikan 50 basis poin untuk membawa suku bunga acuan Selandia Baru menjadi 4,75 persen dan juga mempertimbangkan dampak ekonomi dari Topan Gabrielle.

"Karena pasar mempertimbangkan biaya pembangunan kembali dan dampak yang mungkin terjadi pada inflasi, aliran asuransi, dan pengeluaran infrastruktur, hal itu dengan cepat menjadi pendorong potensial penguatan dolar Selandia Baru yang berkelanjutan," kata analis ANZ.

Sterling stabil di 1,2042 dolar. Semalam krona Swedia melonjak karena inflasi menjadi kuat dan risalah bank sentral menunjukkan pembuat kebijakan bersiap untuk terus mendaki.

Bitcoin mendapat dukungan setelah regulator pasar Hong Kong menerbitkan aturan yang diusulkan untuk melisensikan bursa kripto, dilihat sebagai langkah untuk mendorong pengembangan kota itu sebagai pusat kripto.

Baca juga: Dolar AS naik di Asia, data AS yang kuat dorong Fed tetap "hawkish"
Baca juga: Yuan terdongkrak 16 basis poin menjadi 6,8643 terhadap dolar AS
Baca juga: Dolar AS naik di awal sesi Asia didukung spekulasi Fed tetap agresif

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023