Jakarta (ANTARA) - Calon Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Muhammad Sukron diharapkan menjaga marwah Pemuda Muhammadiyah di bidang dakwah, ekonomi dan ideologi.

"Ketua umum ke depan harus bisa menjaga marwah Pemuda Muhammadiyah. Dimana dakwah dan ekonomi nantinya hadir bersama kepemimpinan Muhammad Sukron," kata Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Jawa Tengah Eko Pujiatmoko dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Menurut Eko, PWPM Jateng berkomitmen untuk mengawal proses Muktamar yang berlangsung 21-24 Februari 2023 berjalan sebagaimana mestinya. Bahkan, lanjut Eko, pihaknya mengirimkan bantuan Kokam dari Jateng untuk membantu pengamanan pelaksanaan Muktamar ke-18 di Balikpapan.

"Alhamdulillah kemudahan-kemudahan itu hadir. Kami kompak demi kemaslahatan gerakan," katanya.

Hal senada dikatakan Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Jawa Timur Dikky Shadqomullah. Dikky mengatakan sebagai salah satu elemen penting bangsa, kiprah dan kontribusi Pemuda Muhammadiyah sangatlah penting.

"Kontribusi Pemuda Muhammadiyah cukuplah besar bagi umat dan bangsa Indonesia," ujarnya.

Namun demikian, pada umur yang semakin matang ini, Pemuda Muhammadiyah harus terus melahirkan energi baru. Banyak tokoh bangsa kata dia, menaruh harapan besar agar organisasi pemuda Islam modernis yang merupakan aset umat dan bangsa Indonesia itu.

Menurut Dikky, energi baru Pemuda Muhammadiyah itu ada pada sosok calon ketua umum Muhammad Sukron. Sebagai organisasi kader, lanjutnya, kekuatan Pemuda Muhammadiyah sebagai organisasi modernis ada pada energi kebersamaannya.

"Kami ingin ke depan budaya saling asah, asih, asuh itu bukan sekedar slogan, tapi tindakan," harapnya.

Sementara itu,Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Muhammad Sukron mengatakan Muktamar ke-18 Pemuda Muhammadiyah merupakan momentum merajut ukhuwah antarkader.

"Melalui ukhuwah di muktamar nanti dapat menghadirkan energi kebersamaan untuk saling asah, asih, asuh antarsesama kader Pemuda Muhammadiyah," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Muktamar ke-18 Pemuda Muhammadiyah yang digelar di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 21-24 Februari 2023. Tema Muktamar yakni, pemuda negarawan harmoni memajukan Indonesia. Muktamar itu dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Pewarta: Fauzi
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2023