Banjarmasin (ANTARA) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) membuka dua program studi baru yaitu Program Studi Rekayasa Geologi dan Program Studi Rekayasa Elektro di Fakultas Teknik untuk penerimaan calon mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024.

"Alhamdulillah, tahun ini diwarnai pembukaan program sarjana baru yang sangat menarik dan satu-satunya di Kalimantan," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin, Kamis.

Menurut Alim, pembukaan dua prodi baru yang relevan sesuai dengan kebutuhan masyarakat menjadi komitmen ULM dalam pengembangan keilmuan agar sarjana yang dihasilkan memiliki kualitas dan kualifikasi pada dunia kerja serta kearifan lokal.

"Seperti Prodi Rekayasa Geologi, wujud ULM mendukung pengembangan Geopark Meratus di Kalimantan Selatan yang telah diakui sebagai Geopark Nasional Indonesia sejak tanggal 29 November 2018," katanya.

Diketahui Pemerintah Provinsi Kalsel sedang mengusulkan Geopark Meratus menjadi UNESCO Global Geopark, sehingga diharapkan peran perguruan tinggi dapat melahirkan banyak hasil penelitian di kawasan pegunungan Meratus.

Baca juga: Universitas Lambung Mangkurat sediakan 6.000 kuota mahasiswa baru

Kemudian Prodi Rekayasa Elektro, menurut Alim, perkembangan teknologi tidak lepas dari listrik yang menjadi sumber energi bagi berbagai proses industri, wirausaha, rumah tangga, dan sebagainya.

Apalagi listrik kini juga dimanfaatkan di bidang transportasi seperti kendaraan listrik dan kereta listrik yang didorong pemerintah menggantikan penggunaan bahan bakar minyak (BBM).

"Jadi bagi yang tertarik belajar mengenai rekayasa elektro dalam fokus rekayasa tenaga energi listrik dan rekayasa elektronika kontrol silakan bergabung," ujar rektor.

Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM Iwan Aflanie menjelaskan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023 terdiri atas Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan seleksi secara mandiri oleh masing-masing PTN.

SBNP mulai pembuatan akun SNPBM-BPPP pada 16 Januari sampai 15 Februari 2023, penetapan siswa eligible 3 Januari 2023 hingga 8 Februari 2023, pengisian PDSS 9 Januari 2023 hingga 9 Februari 2023, dan pendaftaran SNBP pada 14 hingga 28 Februari 2023, serta pengumuman hasil SNBP pada 28 Maret 2023.

Baca juga: Universitas Lambung Mangkurat tambah tiga program doktor baru

Untuk SNBT mulai pembuatan akun SNPMB-BPPP pada 16 Februari sampai 3 Maret 2023, pendaftaran ujian tulis berbasis komputer (UTBK) 23 Maret hingga 14 April 2023.

Kemudian pelaksanaan UTBK gelombang 1 pada 8 hingga 14 Mei 2023, UTBK gelombang 2 pada 22 hingga 28 Mei 2023, dan pengumuman hasilnya 20 Juni 2023, serta ada masa unduh sertifikat UTBK 26 Juni hingga 31 Juli 2023.

Sedangkan untuk seleksi mandiri belum ditetapkan jadwalnya.

ULM sebagai perguruan tinggi negeri tertua dan terbesar di pulau Kalimantan dengan akreditasi A saat ini memiliki 64 Prodi S1, 24 Prodi Magister (S2) dan enam Program Doktoral (S3) yang sudah beroperasi serta tiga tahap pengusulan yaitu S3 Administrasi Pendidikan, S3 Bahasa Indonesia, dan S3 Pendidikan IPS.

Baca juga: Empat prodi di ULM diusulkan peroleh akreditasi internasional

"Mudah-mudahan tiga Program Doktor ini segera keluar izinnya sehingga bisa dibuka penerimaan mahasiswa baru tahun ini juga," kata Iwan.

Pewarta: Firman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2023