Mamuju (ANTARA) - Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, meninjau SMK Negeri 1 Rangas Mamuju Provinsi Sulawesi Barat sekaligus menyerahkan bantuan perlengkapan pendidikan kepada 70 anak putus sekolah yang akan kembali bersekolah melalui Program Tangani Total Anak Tidak Sekolah (Portal ATS).

"Saya berharap agar anak putus sekolah yang ada dapat kembali melanjutkan sekolah," kata Ma'ruf Amin, pada program pengembalian anak putus sekolah di SMK Negeri 1 Rangas Kabupaten Mamuju, Kamis.

Selain menggelar pengembalian anak putus sekolah sekaligus menyerahkan perlengkapan pendidikan, dalam kunjungan kerjanya di Sulbar Wapres juga meninjau rekonstruksi gedung SMK Rangas Kabupaten Mamuju.

Serta, memimpin rapat koordinasi percepatan penurunan stunting di Sulbar yang dilaksanakan di Ballroom Grand Maleo Hotel Mamuju.

Wapres berharap agar anak putus sekolah dapat melanjutkan pendidikannya sehingga dapat meningkatkan SDM untuk membangun bangsa dan negara.

"Sebab pendidikan hal penting. Kita ke depan akan ada kompetisi. Kalau tidak memiliki modal pengetahuan nanti akan tertinggal, kita ingin SDM kita memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Ma’ruf Amin.

Pendidikan lanjut Wapres, merupakan instrumen utama dan prioritas dalam sebuah pembangunan.

Sehingga, Wapres Ma'ruf Amin meminta agar ada peningkatan SDM.

"Kuncinya SDM dan SDM kuncinya pendidikan. Negara orang maju karena pendidikan untuk itu pendidikan harus dilanjutkan," ucap Wapres Ma'ruf Amin.

Ia pun, memotivasi seluruh siswa agar dapat kembali bersemangat bersekolah sekaligus semangat dalam belajar agar ke depan mampu berdaya saing dengan tetap cinta kepada bangsa dan negara.

"Anda harus menjadi orang yang berguna, bisa bersaing sehat, memiliki kemampuan dan kita ingin menjadi negara maju dan itu harus terampil memiliki ilmu pengetahuan dan memiliki akhlak yang mulia, juga memiliki komitmen semangat kebangsaan," jelas Ma'ruf Amin.

Wapres juga berharap agar seluruh siswa yang putus sekolah setelah kembali bersekolah memiliki ilmu pengetahuan dengan menjadi anak yang berakhlak mulia dan berbakti kepada bangsa dan negara.


Baca juga: Wapres tinjau pembangunan pascagempa di SMKN 1 Rangas Mamuju
Baca juga: Wapres minta upaya penurunan stunting libatkan masyarakat tingkat desa

Pewarta: Amirullah
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2023