Solo, Jawa Tengah (ANTARA) - Direktur Utama Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Basuki Purwadi mengatakan pihaknya telah menyalurkan dana senilai Rp1,28 triliun untuk pengadaan lahan bagi proyek strategis nasional (PSN) sejak periode 1 Januari sampai 17 Februari 2023.

"Memang (anggaran pengadaan lahan) terbesar masih untuk jalan tol, yakni Rp1,12 triliun," katanya dalam media briefing di Solo, Jawa Tengah, Minggu.

Sementara, menurut dia, dana senilai Rp150 miliar disalurkan untuk penggantian pengadaan lahan guna pembangunan bendungan.

"Kita ambil rata-rata sebulan Rp1 triliun saja, maka berarti minimal selama satu tahun akan ada pembayaran untuk pengadaan lahan senilai Rp12 triliun, tapi biasanya akan lebih dari itu," katanya.

Pada awal tahun, Basuki mengatakan anggaran pengadaan lahan untuk PSN cenderung tersalurkan lebih lamban, tapi realisasinya diperkirakan akan meningkat menjelang Ramadhan dan Lebaran serta pada akhir tahun.

"Di akhir tahun begitu. Akhir tahun itu dari Oktober, November, dan Desember, penyaluran pengadaan lahan sudah mulai dipercepat," katanya.

Sejak didirikan, LMAN membantu pemerintah melakukan pengadaan lahan untuk 106 PSN yang tersebar di seluruh Indonesia, yang mana pada 2022 sebanyak 39 PSN jalan tol dan 17 PSN berupa bendungan sudah diresmikan.

Sebelumnya, Basuki menyebutkan, sepanjang 2020-2022 atau di tengah COVID-19, LMAN menyalurkan dana senilai Rp58,85 triliun untuk pengadaan lahan PSN, sehingga rata-rata per tahun Rp20 triliun.

Baca juga: LMAN kucurkan Rp16,04 triliun untuk pembebasan lahan jalan tol di 2022
Baca juga: LMAN danai pembebasan lahan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Rp1,88 triliun
Baca juga: LMAN gunakan dana APBN Rp101,36 triliun untuk pengadaan lahan PSN

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023