Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Inggris menguat pada awal perdagangan Senin, rebound dari aksi jual minggu lalu di tengah kekhawatiran tentang suku bunga AS yang tinggi, mendapat dorongan dari laporan laba yang optimis dari Associated British Foods dan Bunzl.

Indeks saham-saham unggulan FTSE 100 terangkat 0,8 persen pada pukul 08.19 GMT, sementara indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau midcap FTSE 250 yang cenderung ke pasar domestik meningkat 0,3 persen..

Pekan lalu adalah kinerja terburuk FTSE 100 sepanjang tahun ini, setelah data belanja konsumen AS yang lebih panas dari perkiraan pada Jumat (24/2/2023) memicu aksi jual di kedua sisi Atlantik.

Saham Bunzl melonjak 2,5 persen setelah distributor perlengkapan bisnis itu menaikkan dividen tahunannya dan melaporkan laba setahun penuh yang lebih tinggi.

Baca juga: Saham Inggris rugi hari keempat, indeks FTSE 100 tergerus 0,37 persen

Pemilik Primark, Associated British Foods, meningkat 2,0 persen setelah peritel pakaian tersebut menaikkan prospek keuangannya untuk setahun penuh 2022-2023.

Perusahaan-perusahaan energi utama juga berada di antara peraih keuntungan teratas, dengan Shell dan BP masing-masing naik lebih dari 1,0 persen.

Produsen mesin jet utama Rolls-Royce melanjutkan pergerakan kuatnya baru-baru ini, melambung 4,4 persen setelah Jefferies menaikkan target harga sahamnya.

Baca juga: Saham Inggris dibuka lebih tinggi ditopang perusahaan energi

Baca juga: Saham Inggris perpanjang rugi, indeks FTSE 100 merosot 0,29 persen

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2023