Jambi (ANTARA) -- Dalam rangka peringatan Hari Lahan Basah (World Wetlands Day/WWD) Tahun 2023, Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan kegiatan penanaman pohon, pelepasliaran satwa, dialog yang dipusatkan di kawasan Taman Nasional Berbak Sembilang Jambi, Kamis.

Direktur Bina Pengelolaan dan Pemulihan Ekosistem (BPEE) Ditjen KSDAE, Ammy Nurwati menyampaikan bahwa lahan basah berpotensi sebagai gudang karbon yang sangat besar.

"Untuk itu mari kita semua terlibat dalam aksi nyata dalam upaya restorasi lahan basah di Indonesia," katanya.

Pohon yang ditanam yaitu jenis Shorea balangeran dan Cerbera manghas masing-masing 15 bibit. Sementara pelepasliaran satwa meliputi Ungko (Hylobates agilis 1 ekor), Siamang (Symphalangus syndactylus 1 ekor), Simpai (Presbytis melalophos 1 ekor), Kukang Sumatera (Nycticebus coucang 1 ekor), Jalak Kerbau (Acridotheres javanicus 20 ekor).

Indonesia  merupakan salah satu negara kepulauan yang memiliki ekosistem lahan basah terluas di Asia, setelah China, dengan luas lahan basah sekitar 40,5 juta Ha, atau sekitar 20% dari luas kawasan Indonesia.

 Dengan luasan lahan basah yang besar ini, terkandung berbagai keanekaragaman hayati yang sangat penting dan bernilai. Hal ini sekaligus merupakan aset Indonesia yang penting bagi upaya pembangunan dan kesejahteraan manusia.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tanjung Jabung Timur yang diwakili oleh Sapril, selaku Sekretaris Daerah menegaskan bahwa pihaknya akan turut berpartipasi menjaga lingkungan khususnya dari emisi karbon yang berasal dari lahan basah.

"Kami berkomitmen untuk terus menjadi bagian dari paru - paru dunia serta terus bekerjasama dengan pihak terkait dalam upaya restorasi lahan basah di Kabupaten Tanjung Jabung Timur pada khususnya," katanya.


Pemilihan lokasi pelaksanaan acara ini melalui beberapa pertimbangan. Pertama, Taman Nasional Berbak merupakan Situs Ramsar yang ditetapkan pada tanggal 8 April 1992. Kemudian, Kabupaten Tanjung Jabung Timur bersama Kota Surabaya merupakan wilayah yang telah menerima anugerah sebagai wilayah yang peduli terhadap lahan basah dan telah terakreditasi oleh Sekretariat Konvensi Ramsar sebagai Wetland City Accreditation (WCA). Penghargaan tersebut diterima oleh Bupati Tanjung Jabung Timur dan Walikota Surabaya pada COP 14 di Jenewa Swiss pada 10 November 2022.

Peringatan Hari Lahan Basah Sedunia (WWD) 2023 diselenggarakan oleh Direktorat Bina Pengelolaan dan Pemulihan Ekosistem (BPPE), Ditjen KSDAE (selaku National Focal Point Ramsar Indonesia) bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Berbak Sembilang, Pemerintah Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, serta didukung oleh UPT lingkup KLHK dan pemerintah daerah setempat.

Hari Lahan Basah Sedunia (World Wetlands Day/ WWD) diperingati pada 
tanggal 2 Februari setiap tahunnya sebagai wujud komitmen pemerintah Indonesia pada perjanjian internasional untuk melindungi lahan basah di seluruh dunia, atau lebih dikenal dengan Konvensi Ramsar. Tema global peringatan Hari Lahan Basah Sedunia tahun 2023 adalah “It’s time for wetland restoration”.

Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian lahan basah, meningkatkan peran aktif Pemerintah Daerah dan para pihak dalam bidang konservasi lahan basah, serta dapat merekomendasikan gagasan atau kebijakan-kebijakan baru untuk perlindungan ekosistem lahan basah Indonesia yang lestari dan berkelanjutan.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2023