Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa dibuka lebih rendah pada Selasa, dengan Travis Perkins Inggris tenggelam setelah perolehan laba tahunannya mengecewakan, sementara data dari Prancis dan Spanyol menunjukkan inflasi lebih panas daripada yang diperkirakan.

Indeks STOXX 600 di seluruh benua tergelincir 0,4 persen pada pukul 08.10 GMT.

Tingkat inflasi 12 bulan di Prancis naik menjadi 7,2 persen pada Februari dari 7,0 persen pada Januari, sebagian karena kenaikan harga pangan, menurut data awal.

Baca juga: Saham Eropa dibuka lebih tinggi, terangkat pengecer yang melonjak

Secara terpisah, data menunjukkan harga konsumen Spanyol naik 6,1 persen secara tahun ke tahun pada Februari, lebih cepat dari 5,9 persen selama 12 bulan hingga Januari, dan di atas 5,7 persen yang diharapkan oleh analis yang disurvei oleh Reuters.

Travis Perkins merosot 7,6 persen setelah pemasok bahan bangunan terbesar Inggris itu membukukan penurunan laba tahunan 16 persen, dirugikan oleh laba properti yang lebih rendah dan biaya restrukturisasi.

Pasar Eropa ditutup naik tajam pada Senin (27/2/2023), memulai minggu ini dengan pijakan yang kuat, tetapi masih ada kekhawatiran tentang kenaikan suku bunga AS dan zona euro untuk mengatasi inflasi yang membandel.

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2023