Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) menggandeng kaum milenial untuk mempromosikan wisata kuliner, guna memperluas promosi dan meningkatkan kunjungan wisatawan di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Kami terus mendorong kaum milenial ini untuk aktif mempromosikan wisata kuliner khas daerah ini," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga Provinsi Kepulauan Babel Herwanita, di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan saat ini Disparbudkepora Provinsi Kepulauan Babel memiliki program melalui aplikasi SISPEK (Sistem Pengembangan Ekonomi Kreatif), aplikasi tersebut bertujuan agar para pelaku usaha dapat menjual produk-produknya secara online dan menjadi database.

"Kaum milenial dan pelaku UMKM bisa menggunakan akun pribadinya dan SISPEK ini untuk mempromosikan kuliner dan wisata lainnya," katanya pula.

Menurut dia, poin kunci dari pemasaran terhadap generasi milenial adalah mendekatkan market atau pasar kepada mereka, bukan sebaliknya menarik mereka untuk datang ke pasar atau market.

"Generasi ini gemar bersosialisasi melalui media sosial, maka pelaku kuliner bisa menjadikan mereka sebagai mitra untuk mempromosikan produk atau duta produk melalui akun mereka di Twitter, Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya," katanya lagi.

Dia menambahkan Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga setempat sedang gencar mempromosikan wisata kuliner, yakni durian khas Babel yakni durian jenis tembaga, cumasi atau namlung untuk menarik kunjungan wisatawan termasuk para penggemar durian.

"Promosi yang dilakukan melalui melalui kanal media sosial Disparbudkepora dan Diskominfo Babel dalam bentuk video bekerjasama dengan influencer Nabila Gardena," katanya lagi.
Baca juga: Pemkot Pangkalpinang Kembangkan Kuliner Hasil Laut
Baca juga: Pemprov Babel bantu pasarkan produk UMKM ke Jakarta

Pewarta: Aprionis
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2023