Jakarta (ANTARA) -
Dosen Hubungan Internasional Universitas Presiden, Bekasi, Jawa Barat, Muhammad AS Hikam berharap calon anggota legislatif (caleg) yang lolos uji kelayakan dan kepatutan (UKK) bakal caleg Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merupakan sosok berkualitas.
 
Menurut Hikam, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat, para caleg berkualitas itu dapat mewujudkan cita-cita PKB dan target bangsa, terutama di tengah kondisi demokrasi Indonesia yang semakin dihadapkan pada beragam tantangan.
 
"Demokrasi kita semakin hari semakin mendapatkan tantangan. PKB di bawah pimpinan Gus AMI (Ketum PKB Abdul Muhaimin Iskandar) insyaallah akan menjadi salah satu bagian untuk memperjuangkan, mempertahankan, dan mengembangkan sistem demokrasi konstitusional yang menjadi cita-cita para pendiri partai ini,” kata dia.
 
Dalam UKK bakal caleg PKB yang telah memasuki hari terakhir pada Jumat (3/3), Hikam menjadi salah satu penguji eksternal.
 
Pada UKK hari terakhir, jumlah peserta yang diuji mencapai 90 bakal caleg lebih. Dengan demikian, hingga saat ini total daftar sementara bakal caleg DPR RI dari PKB sebanyak 531 orang, bakal caleg DPRD provinsi 2.177 orang, dan bakal caleg DPRD kabupaten/kota 15.419 orang.
 
Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan pihaknya sengaja melibatkan penguji eksternal agar para caleg yang terjaring benar-benar caleg yang memiliki kapasitas mumpuni dan berintegritas tinggi.

Baca juga: UIII apresiasi uji kelayakan bakal caleg libatkan penguji eksternal
Baca juga: Aktivis Tionghoa: PKB terbuka untuk semua etnis dan agama
 
”Kami ingin hasil dari UKK ini benar-benar menghasilkan bakal caleg yang terbaik dan punya integritas tinggi untuk kepentingan bangsa,” ujar Jazilul
 
Dia menyampaikan pelibatan pihak eksternal meruapkan wujud keterbukaan yang dilakukan DPP PKB dalam penjaringan bakal caleg.
 
Jazilul mengatakan dengan tingginya antusias bakal caleg PKB dalam mengikuti UKK, pihaknya optimistis bisa meraih target yang sudah ditetapkan pada Pemilu 2024, yakni meraih 100 kursi DPR RI dan menempatkan PKB di posisi minimal dua besar atau keluar dari jebakan partai menengah.
 
Selain Hikam, terdapat sejumlah penguji eksternal lainnya yang dilibatkan PKB dalam UKK,di antaranya Wakil Ketua DPD RI Akhmad Muqowam, Koordinator Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU) KH Munim DZ, anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraeni, dan Staf Khusus Wakil Presiden RI Robikin Emhas.
 
Robikin mengapresiasi UKK bakal caleg yang digelar PKB.
 
”Saya sangat mengapresiasi mekanisme yang dipilih PKB guna menentukan caleg. Ini menjadi tradisi baru dari pola rekrutmen bakal caleg. Harapannya, PKB mendapatkan caleg-caleg yang layak, berintegritas, punya basis akar rumput  kuat, dan menjadi aspirator masyarakat di dapilnya masing-masing,” kata dia.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023