Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa dibuka lebih tinggi pada Jumat, didukung oleh ekuitas teknologi yang sensitif terhadap suku bunga setelah komentar dari pejabat Federal Reserve AS tentang potensi jeda dalam pengetatan moneter mendorong investor untuk mengambil aset-aset berisiko.

Indeks STOXX 600 di seluruh benua Eropa terangkat 0,5 persen pada awal perdagangan, dengan saham sektor teknologi terangkat 1,3 persen.

Sentimen investor mendapat dorongan semalam, setelah Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic menyukai kenaikan suku bunga "lambat dan stabil" bergerak maju dan jeda pada pertengahan atau akhir musim panas, dikutip dari Reuters.

Saham sektor pertambangan meningkat 1,3 persen, karena prospek pembukaan kembali China menopang permintaan adalah tema yang dimainkan hampir sepanjang minggu setelah negara tersebut melaporkan data yang menunjukkan peningkatan kondisi ekonomi.

Saham Lufthansa melonjak 4,4 persen setelah maskapai penerbangan Jerman itu mencapai "hasil yang jelas positif" pada tahun 2022, didorong oleh peningkatan permintaan yang kuat untuk perjalanan udara.

Baca juga: Saham Asia menguat didorong prospek pemulihan China, kehati-hatian Fed
Baca juga: Saham Asia dibuka menguat, imbas harapan Fed adopsi kebijakan terukur
Baca juga: Saham Inggris kembali naik, indeks FTSE 100 bertambah 0,37 persen

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023