Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad mengunjungi sekaligus menyalurkan sejumlah bantuan kepada korban banjir dan tanah longsor di dua kota, yaitu Batam dan Tanjungpinang.

Di Batam, Ansar dan jajaran meninjau korban tanah longsor di wilayah Tiban Kampung yang terjadi pada, Rabu (1/3), akibat hujan lebat. Tak ada korban yang meninggal, namun sebanyak 3 kepala keluarga dan 11 jiwa terkena dampaknya.

"Kami menyerahkan bantuan berupa makanan siap saji, perlengkapan keluarga, matras gulung, selimut, seprai untuk korban longsor," kata Gubernur Ansar di Batam, Minggu (5/3).

Ansar Ahmad memberi motivasi kepada para korban longsor agar tetap tabah. Menurutnya bencana bisa menimpa siapa saja dan kapan saja.

Setelah itu, mantan anggota DPR RI itu juga meninjau dua unit rumah terdampak longsor di Jalan Panglima Dompak, Perumahan Citra Mangoes, Kota Tanjungpinang.

Baca juga: Satu orang meninggal dunia tertimbun longsor di Batam
Baca juga: BPBD: Waspada potensi longsor Gunung Ranai

Peninjauan ini guna memastikan keselamatan korban terdampak dan penanganan korban usai longsor.

Ia pun menyerahkan bantuan berupa matras gulung, makanan siap saji dan lainnya kepada warga yang terdampak tanah longsor.

"Kami turut prihatin atas terjadinya longsor dipicu curah hujan dalam beberapa hari terakhir. Semoga korban agar tetap tabah menghadapi musibah ini," ucap Ansar.

Ansar turut mengimbau kepada seluruh masyarakat Kepri tetap waspada menghadapi musim hujan seperti saat ini. Tidak hanya soal musibah tanah longsor atau banjir, tapi perlu berhati-hati saat sedang berkendara di darat, laut maupun udara.

"Kita semua harus tetap waspada dan berhati-hati dalam menghadapi cuaca musim hujan saat ini. Patuhi perkembangan cuaca yang disampaikan BMKG atau pemerintah daerah," ujar Ansar.

Baca juga: BMKG peringatkan hujan lebat sebabkan banjir di Kepri
Baca juga: TNI evakuasi warga terdampak banjir bah dan longsor di Tambelan

Sementara itu, seorang korban tanah longsor di Tanjungpinang Neneng Sukaesih menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Ansar, karena sudah berkunjung sekaligus menyalurkan bantuan.

Ia menyampaikan menerima dengan ikhlas atas ketetapan terjadinya musibah longsor tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pak Ansar. Semoga senantiasa diberi kelancaran dalam menjalankan tugasnya,” ucap Neneng.

Baca juga: Tim SAR gabungan temukan dua korban longsor di Batam meninggal

Pewarta: Ogen
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2023