Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey  berharap Pemerintah Kota Bitung dan Pemerintah Kota Manado meniru Kota Oarai di Jepang dalam mengelola sektor perikanan.

"Itu yang kami harapkan, Kota Manado dan Kota Bitung bisa seperti Kota Oarai," sebut Olly dalam rilis yang diterima di Manado, Sulut, Senin.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey melakukan kunjungan kerja ke Jepang penerbangan perdana Manado-Narita pada awal Maret 2023.

Pemerintah Kota Manado dan Pemerintah Kota Bitung menjadikan sektor perikanan sebagai salah satu sektor penggerak perekonomian daerah.

Produk perikanan seperti ikan tuna saat ini telah menembus pasar Jepang ketika dibuka penerbangan langsung ke Manado-Narita.

Baca juga: Ketua DPRD: Penerbangan Manado-Narita pintu bangkitnya pariwisata

Baca juga: Penerbangan Manado-Narita menggairahkan pariwisata-ekspor Sulut


"Saya kira pengelolaan sektor perikanan, pelabuhan dan kuliner di Kota Oarai wajib diadopsi kepala daerah. Itu juga sangat menunjang peningkatan sektor pariwisata," kata Gubernur.

Wali Kota Manado Manado Andrei Angouw dan Wali Kota Bitung Maurits Mantiri ikut bersama rombongan Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat mengunjungi pasar ikan higienis dan kuliner 'seafood' di Kota Oarai, Jepang.

Andrei Angouw mengatakan akan berupaya membenahi infrastruktur penunjang di bidang perikanan, pengelolaan kuliner dengan mendorong masyarakat dan pelaku usaha mengutamakan kebersihan.

"Saya berusaha membenahi infrastruktur tempat pelelangan ikan di Manado, kami berharap sokongan bantuan pemerintah provinsi dan pusat," kata Andrei.

Selanjutnya, Wali Kota Bitung Maurits Mantiri menyebutkan sebagai kota perikanan, Kota Oarai identik dengan Bitung, namun yang menjadi pekerjaan rumah terbesar adalah soal kebersihan.

"Budaya bersih dan disiplin masih menjadi kelemahan masyarakat Kota Bitung pada umumnya, untuk itu ya, saya berusaha secara intensif menyosialisasikan pentingnya budaya bersih," ujar Maurits.

Kenny Nanik, salah satu pengusaha yang diboyong Gubernur Sulut dalam kunjungan ke Jepang, senang dengan dibukanya akses Manado-Narita Tokyo Jepang yang telah mempermudah para pengusaha melakukan pengiriman produk perikanan ke Jepang.

"Senang dan mengapresiasi Pak Gubernur yang telah memfasilitasi :direct flight' ke Narita-Tokyo Jepang. Kami para pengusaha sangat- sangat terbantu adanya kemudahan akses transportasi udara yakni dengan sistem perdagangan direct call," ujarnya.

Penerbangan langsung Manado-Narita telah dibuka sejak 2 Maret 2023 bekerja sama dengan maskapai PT Garuda Indonesia. Penerbangan dijadwalkan seminggu sekali, setiap Kamis dari Manado.

Baca juga: Kemenhub dukung pembukaan rute penerbangan Manado-Tokyo Narita

Baca juga: Dubes Jepang apresiasi penerbangan langsung Manado-Narita dibuka


 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2023