Banjarbaru (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) memberikan tempat gratis atau stan tempat berdagang bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) daerah ini, di pasar Ramadhan 1444 Hijriah atau 2023 Masehi.
 
Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Kalsel H Nurul Fajar Desira Ces, di Banjarbaru, Senin, menyampaikan sesuai arahan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Pemprov Kalsel menggelar pasar Ramadhan 1444 H atau 2023.
 
Menurutnya, pasar Ramadhan yang dibuat Pemprov Kalsel direncanakan di Jalan Sudirman atau dari O Kilometer depan Siring Sungai Martapura hingga ke eks Kantor Gubernur Kalsel di Banjarmasin.
 
"Sesuai dengan arahan Gubernur, pasar Ramadhan ini sepenuhnya gratis, tidak berbayar sewa tempat untuk pengurus pedagang pasar wadai maupun UMKM binaan Diskop-UKM Kalsel. Karena itu, kami berharap dukungan dari stakeholder terkait agar hal tersebut bisa berjalan lancar," ujarnya.
 
Fajar menyebutkan, kegiatan pasar Ramadhan sebagai salah satu upaya Pemprov Kalsel dalam mengendalikan inflasi yang biasa terjadi pada bulan Ramadhan.
 
Dia menyatakan pula, memasuki Ramadhan biasanya harga-harga akan naik, karena itu pemprov ingin manfaatkan pasar Ramadhan ini sebagai media untuk pengendalian inflasi di Banua (Kalsel).
 
Menurut Fajar, inflasi di Kalsel masih cukup tinggi, yakni 6,11 persen, salah satu pemicunya komoditas beras lokal yang masih tinggi harga jualnya.
 
Fajar menegaskan, berbagai upaya dilakukan Pemprov Kalsel berkolaborasi dengan pemerintah kabupaten/kota untuk menurunkan persentase inflasi ini, seperti operasi pasar murah yang sudah dilakukan, termasuk pasar Ramadhan yang akan dilakukan.
 
Untuk pelaksanaan pasar Ramadhan ini, ujar dia, terus dimatangkan dengan terus menjalin koordinasi bersama semua unsur pimpinan daerah untuk bersama menyukseskannya.
 
"Untuk waktu pelaksanaannya masih belum kami tentukan, tapi biasanya kami buka hari pertama di bulan Ramadhan dan ditutup H-1 sebelum Hari Raya Idul Fitri," demikian Fajar.
Baca juga: Pemprov Kalsel gelar pasar murah dan sunatan massal
Baca juga: Bank Kalsel layani pertukaran uang receh di pasar Ramadhan

Pewarta: Sukarli
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2023