Kyoto (ANTARA) - ​​Wakil Presiden Ma’ruf Amin menekankan diaspora Indonesia di luar negeri merupakan bagian tak terpisahkan dari pembangunan ekonomi Indonesia.

"Saudara sekalian adalah bagian tak terpisahkan dari pembangunan ekonomi Indonesia," kata Wapres saat berdialog secara hybrid dengan diaspora Indonesia pelaku bisnis produk halal di Jepang, di Hotel Mitsui Kyoto, Jepang, Selasa.

Menurut Wapres, melalui peran diaspora dan para pelaku bisnis, produk Indonesia akan makin dikenal luas di pasar global, termasuk juga produk-produk halal.

"Begitu juga di Jepang, meskipun penduduk Muslim minoritas di sini tapi Jepang salah satu negara yang memiliki perhatian besar terhadap masalah halal dan wisata ramah Muslim karena mereka (Jepang) dikunjungi negara-negara Muslim dari Indonesia, Timur Tengah," jelasnya.

Indonesia sendiri tengah berupaya mewujudkan Indonesia menjadi produsen halal terkemuka di dunia.

Oleh sebab itu, kata Wapres, pemerintah terus menjalin sinergi dengan semua pemangku kepentingan baik di dalam maupun luar negeri untuk mendorong percepatannya, termasuk dengan diaspora Indonesia yang menjalankan bisnis halal.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2023