Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Selasa yang mendapat banyak perhatian pembaca dan masih menarik untuk disimak pagi ini, mulai dari longsor di Natuna hingga BMKG bantu pendampingan sistem peringatan dini cuaca di Timor Leste.

Berikut sejumlah berita Humaniora pada Selasa:

1. BNPB konfirmasi korban meninggal di bencana longsor Natuna 11 orang

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengatakan 11 orang korban bencana longsor di Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, terkonfirmasi meninggal dunia.

“Dari data yang didapat hari ini, karena waktu di Jakarta kemarin masih simpang siur. Jadi bukan 15 orang, tapi 11 orang yang meninggal dunia dan 47 orang yang masih hilang,” ujar Suharyanto saat tiba di Natuna pada Selasa sore.

2. Menko PMK: 1.000 Hari Pertama Kehidupan anak jangan ada yang terlewat

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta penanganan pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) pada anak tidak ada yang terlewat.

"Jadi semua masyarakat wajib memperhatikan 1.000 hari pertama kehidupan, jangan ada yang terlewat. Kalo ini sudah menjadi gerakan, maka Insya Allah kita bisa betul-betul mengentaskan stunting," kata Menko Muhadjir saat memberikan arahannya pada Rakornis BKKBN 2023 di Jakarta, Selasa.

3. Menko PMK minta percepatan penurunan stunting jadi gerakan nasional

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta agar Program Percepatan Penurunan Angka Prevalensi Stunting menjadi sebuah gerakan nasional dalam masyarakat saat ini.

“Alhamdulillah, saya rasa stunting sudah menjadi gerakan nasional. Sudah menjadi bagian dari kesadaran masyarakat luas bukan hanya instansi bukan hanya aparat, tetapi semua orang bicara stunting,” kata Muhadjir saat memberikan arahannya dalam Rakornis BKKBN 2023 di Jakarta, Selasa.

4. Menkes upayakan khasiat kelor asal Indonesia diterima masyarakat dunia  

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin menginginkan khasiat dari tumbuhan kelor di Indonesia dapat diterima oleh masyarakat internasional.

"Kami akan menjadikan kelor sebagai salah satu makanan tradisional dan herbal Indonesia. Kami akan riset secara formal, mendukung risetnya supaya bisa diterima di kalangan internasional,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

5. BMKG perkuat peringatan dini cuaca Timor Leste dan Maladewa  

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkuat sistem peringatan dini cuaca Republik Timor Leste dan Republik Maladewa melalui observasi meteorologi udara atas.

"Pendampingan yang dilakukan BMKG menjadi bukti besarnya komitmen Indonesia membantu negara-negara berkembang (developing, LDCs, SIDs countries) yang rawan terhadap bencana hidrometeorologi dalam rangka penguatan sistem peringatan dini di negara-negara tersebut," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Jakarta.

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2023