Kupang (ANTARA) - Kapolda Nusa Tenggara Timur Irjen Pol. Johanis Asadoma bersama Kakorlantas Polri Irjen Pol. Firman Santyabudi meninjau dan mengecek secara langsung keamanan di Labuan Bajo, Manggarai Barat jelang pelaksanaan KTT ASEAN ke-42 yang akan digelar pada Mei mendatang,
 
Dalam keterangan pers yang diterima ANTARA di Kupang Jumat, Kapolres Manggarai Barat AKBP Felli Hermanto, mendampingi langsung Kapolda NTT dan Kakorlantas Polri untuk meninjau berbagai kesiapan di sejumlah lokasi.

Kapolda NTT dihubungi dari Kupang soal kunjungannya ke Labuan Bajo, mengatakan dirinya bersama Kakorlantas mengunjungi VIP Bandara Komodo Labuan Bajo, Hotel Sudamala Labuan Bajo, Hotel Ayana Labuan Bajo, Hotel Meruorah Labuan Bajo dan Kawasan Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) Tanah Mori.

“Kita ingin melihat langsung bagaimana kesiapan pengamanan di sana, lalu bagaimana pembangunan infrastruktur di sejumlah lokasi yang nantinya akan dikunjungi oleh sejumlah Kepala Negara anggota ASEAN dan para delegasi,” ujar dia.

Orang nomor satu di Polda NTT itu mengatakan bahwa sampai saat ini progres pembangunan gedung MICE Tanah Mori yang akan menjadi lokasi pertemuan sudah mulai rampung.

Kapolda NTT bersama Kakorlantas Polri juga sudah melihat kesiapan beberapa hotel yang akan digunakan pada kegiatan KTT ASEAN nanti , yang bertujuan untuk meninjau dan berkoordinasi dengan pihak hotel masalah sarana dan prasarana yang dibutuhkan para delegasi yang akan menginap disana.

“Peninjauan beberapa venue yang nantinya akan digunakan merupakan bukti dan semangat Polri dalam mendukung dan menyambut KTT ASEAN tahun ini di Labuan Bajo,” tegas dia.

Kapolda NTT memastikan pengamanan super prioritas akan diberikan kepada para Kepala Negara dan delegasi negara negara ASEAN saat konferensi tingkat tinggi ini nanti dilaksanakan.

“Pengamanannya harus super prioritas, kami meminta seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Manggarai Barat, terkhususnya di Labuan Bajo, untuk berperan aktif dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif menjelang digelarnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo pada bulan Mei mendatang.

Hingga saat ini ujar dia situasi kamtibmas di wilayah tersebut juga kondusif. Karena itu dia berharap keadaan kondusif itu tetap dijaga dengan baik. Karena ini membawa nama negara.

Baca juga: Kakorlantas Polri tinjau rute asean summit 2023 di Labuan Bajo

Baca juga: Kakorlantas tinjau tol Jakarta-Semarang jelang operasi Ketupat 2023

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023