Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Tunisia menggelar promosi kebudayaan Nusantara di Kota Bizerte di Tunisia.

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Rabu (8/3) dalam penutupan pameran buku Pusat Kebudayaan Syaikh Idris, Buzerte, yang dikenal sebagai Venice-nya Tunisia.

"Alhamdulillah, kebudayaan Nusantara kita mulai dikenal luas di seantero Tunisia. KBRI Tunis pada tahun ini akan mengenalkan Indonesia melalui kebudayaannya. Sebab Indonesia merupakan negara yang mempunyai kebudayaan berlimpah, yang dapat menginspirasi dunia," kata Duta Besar RI untuk Tunisia, Zuhairi Misrawi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Selama setahun ini, lanjut dubes, banyak lembaga yang mengundang Indonesia untuk terlibat dalam kegiatan kebudayaan di Tunisia.

"Kami sampaikan bahwa kebangsaan dan persatuan Indonesia ditopang oleh kebudayaan yang dapat membangun kecintaan dan kebersamaan sebagai warga bangsa", kata Zuhairi.

Dubes juga mengatakan hubungan bilateral Indonesia-Tunisia sejatinya diperkuat dengan pengenalan dan perkenalan kebudayaan di antara kedua negara.

"Kami mempunyai keyakinan bahwa dengan memperkenalkan masing-masing kebudayaan, hubungan bilateral Indonesia-Tunisia akan semakin kokoh. Sebab, sebagaimana disampaikan Bung Karno, bahwa kebudayaan merupakan kepribadian sebuah bangsa. Indonesia dan Tunisia merupakan dua negara yang mempunyai perhatian pada pentingnya kebudayaan," katanya.

Sebelumnya KBRI telah memulai diplomasi puisi, diplomasi buku, diplomasi novel dan kini akan menggarap diplomasi film.

Dalam promosi kebudayaan Nusantara, KBRI Tunis menampilkan tarian, kuliner dan lagu Nusantara, khususnya dangdut supaya tersebar luas di Tunisia dan kawasan Timur Tengah.

Selain itu, Zuhairi juga menjadi narasumber dalam peluncuran buku ontologi puisi berjudul "Afidu Bika, wa Hirufi 'Athsya", karya penyair Tunisia, Basma Shahrawi.

Baca juga: KBRI promosikan seni tari Indonesia ke sekolah internasional Kenya
Baca juga: KBRI promosi wisata, budaya, kopi Indonesia di pameran Balttour 2023
Baca juga: "Opening Ceremony" ATF 2023 etalase promosi seni budaya Nusantara

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Sri Haryati
COPYRIGHT © ANTARA 2023