Jakarta (ANTARA) - Ragam topik terpopuler mewarnai pemberitaan rubrik humaniora selama sepekan terakhir terhitung sejak 6 sampai 11 Maret 2023.

Berita tentang longsor di Natuna, Kepulauan Riau, menjadi salah satu topik yang menyita banyak perhatian pembaca. Adapula berita soal penetapan biaya haji khusus.

Berikut ulasan berita-berita terpopuler selengkapnya:

1. Kepala BNPB : Progres penanganan longsor Natuna berjalan signifikan

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto menyatakan progres penanganan longsor di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau pada hari ketiga setelah bencana berjalan signifikan.

“Di hari ketiga setelah bencana sudah ada progres yang lebih baik,” kata Suharyanto dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Kepala BNPB : Progres penanganan longsor Natuna berjalan signifikan

2. Menkes upayakan khasiat kelor asal Indonesia diterima masyarakat dunia

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin menginginkan khasiat dari tumbuhan kelor di Indonesia dapat diterima oleh masyarakat internasional.

"Kami akan menjadikan kelor sebagai salah satu makanan tradisional dan herbal Indonesia. Kami akan riset secara formal, mendukung risetnya supaya bisa diterima di kalangan internasional,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Menkes upayakan khasiat kelor asal Indonesia diterima masyarakat dunia

3. Menko siapkan bansos 10 Kg beras untuk 21,6 juta warga

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko) Airlangga Hartarto berkomitmen memberikan bantuan sosial (bansos) pangan berupa 10 kilogram beras kepada 21,6 juta warga selama tiga bulan atau selama periode Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN).

"Yang sudah dibahas dengan bapak Presiden (Joko Widodo) kita akan memberikan bantuan beras kepada sekitar 21,6 juta warga berasnya 10 kilogram dan akan diberikan selama tiga bulan," ujar Airlangga ditemui usai membuka gelaran Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2023 di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Menko siapkan bansos 10 Kg beras untuk 21,6 juta warga

4. Menko PMK minta percepatan penurunan stunting jadi gerakan nasional

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta agar Program Percepatan Penurunan Angka Prevalensi Stunting menjadi sebuah gerakan nasional dalam masyarakat saat ini.

“Alhamdulillah, saya rasa stunting sudah menjadi gerakan nasional. Sudah menjadi bagian dari kesadaran masyarakat luas bukan hanya instansi bukan hanya aparat, tetapi semua orang bicara stunting,” kata Muhadjir saat memberikan arahannya dalam Rakornis BKKBN 2023 di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Menko PMK minta percepatan penurunan stunting jadi gerakan nasional

5. Kemenag dan PIHK sepakati biaya haji khusus minimal 8.000 USD

Kementerian Agama dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) menyepakati besaran biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) khusus minimal 8.000 Dolar Amerika atau sekitar Rp123.491.600.

"Rapat koordinasi Kemenag dan PIHK menyepakati Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) Khusus tetap, minimal sebesar 8.000 USD," ujar Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag Nur Arifin dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Kemenag dan PIHK sepakati biaya haji khusus minimal 8.000 USD

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2023