Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa ekonomi telah diberitakan Kantor Berita ANTARA pada Senin (13/3), mulai dari OJK menilai penutupan Silicon Valley Bank (SVB) tidak berdampak langsung ke bank di Indonesia hingga Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menolak jual beli baju bekas impor atau thrifting impor karena ingin melindungi industri tekstil milik pelaku UMKM.

Berikut rangkuman berita ekonomi kemarin yang layak disimak pagi ini.

1. OJK: Penutupan SVB tidak berdampak langsung ke bank di Indonesia

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai, penutupan Silicon Valley Bank (SVB) oleh Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) Amerika Serikat pada 10 Maret 2023 tidak akan berdampak langsung terhadap industri perbankan Indonesia yang memiliki kondisi yang kuat dan stabil.

Selengkapnya di sini


2. Sandiaga ungkap tidak gunakan insentif untuk mendatangkan wisman

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan, pihaknya tidak menggunakan strategi insentif dalam mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman), melainkan menggunakan strategi gercep, geber, gaspol (3G) dalam konsep kolaboratif marketing.

Selengkapnya di sini


3. Indef: start up bisa makin sulit dapatkan pendanaan setelah SVB kolaps

Pengamat Ekonomi Digital dari Institut of Economic and Finance (Indef) Nailul Huda menyebut perusahaan rintisan atau start up di Indonesia berpotensi semakin sulit mendapatkan pendanaan setelah Silicon Valley Bank (SVB) ditutup.

Selengkapnya di sini


4. BRI bagikan dividen Rp43,49 triliun

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI membagikan dividen 85 persen dari laba bersih konsolidasian tahun 2022 yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk dengan nilai sebesar Rp43,94 triliun.

Selengkapnya di sini


5. Tolak thrifting impor, Teten: kita ingin lindungi UMKM

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dengan tegas menolak jual beli baju bekas impor atau thrifting impor karena ingin melindungi industri tekstil milik pelaku UMKM.

Selengkapnya di sini



Baca juga: Kemarin, Presiden minta Bulog serap gabah sampai JICT modernisasi
Baca juga: Kemarin, uji coba QR code Pertamina hingga laba bersih PT PP
Baca juga: Kemarin, rilis insentif kendaraan listrik sampai ketahanan siber

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2023