Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus mengatakan ada 12 poin yang menjadi perhatian DPR RI pada Masa Sidang IV Tahun Sidang 2022-2023 untuk dicermati oleh anggota dan alat kelengkapan dewan (AKD) DPR RI.

"12 poin menjadi perhatian kita bersama dan kita tahu bahwa itu menjadi kalai dikatakan di media sosial menjadi trending topic, dan itu menjadi warning buat anggota DPR, pada AKD-AKD yang ada," kata Lodewijk usai Rapat Paripurna DPR RI ke-18 di Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa.

Lodewijk menyebut kedua belas poin itu sesuai dengan dinamika yang terjadi di masyarakat. Dia menyebut poin pertama yakni kejadian luar biasa masalah keracunan makanan.

Kedua, maraknya kasus perundungan dan kekerasan terhadap anak. Ketiga, permasalahan finalisasi penataan tenaga kerja non-ASN atau tenaga honorer.

Keempat, pengawasan keamanan pangan yang belum terpadu. Menurut dia hal tersebut juga dilatarbelakangi oleh faktor perubahan iklim (climate change).

"Sudah bukti ya, kalau kita terbang akan mendarat katakan dari Surabaya ke Jakarta lumbung pangan kita terendam yaitu sekitar Jawa Tengah dan perbatasan Jawa Barat," ujarnya

Kelima, lanjut dia, kenaikan harga beras dan pangan menjelang bulan Ramadhan ini Hari Raya Idul Fitri. Keenam, kenaikan harga BBM non subsidi di beberapa wilayah di Indonesia.

Ketujuh, pembangunan infrastruktur di ibu kota negara (IKN). Kedelapan, percepatan perizinan kegiatan besar melalui digitalisasi.

Kesembilan, kebakaran Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang, Jakarta, yang diharapkan ada solusi segera untuk mengatasinya. Kesepuluh, polemik putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat tentang penundaan Pemilu 2024.

"Dan kita tahu KPU telah menyampaikan memori banding, kita tinggal lihat follow up-nya seperti apa kita tunggu proses hukum," ucapnya.

Kesebelas, peningkatan partisipasi pada Pemilu 2024. Keduabelas, permasalahan kekayaan oknum pejabat ASN di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang tidak sesuai dengan profil jabatannya.

Sebelumnya saat membuka jalannya Rapat Paripurna di Ruang Rapat Paripurna DPR RI, Lodewijk turut mengucapkan keprihatinan atas insiden kebakaran Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang di Koja, Jakarta Utara, pada Jumat (3/3), dan meminta segera untuk dilakukan evaluasi.

"Keprihatinan kebakaran di Depok Plumpang Jakarta, DPR RI meminta evaluasi dan menata ulang Depo Pertamina Plumpang," kata Lodewijk.

Baca juga: Anggota DPR: Tolak gerakan boikot bayar pajak

Baca juga: RUU Kesehatan resmi diberikan ke pemerintah untuk dibahas

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023