Bandarlampung (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre IV Tanjungkarang mencatat penjualan tiket kereta api relasi Tanjungkarang-Kertapati
untuk masa angkutan Lebaran 2023 telah mencapai 31,6 persen atau 23.320 tiket dari total  57.112 tempat duduk.

"Untuk masa angkutan lebaran dari 12 April hingga 03 Mei mendatang kami menyiapkan sebanyak 57.112 tempat duduk," kata Pelaksana Harian Manajer Humas PT KAI Divisi Regional IV Tanjungkarang, Muhammad Reza Fahlepi di Bandarlampung, Rabu.

Dia mengatakan bahwa untuk KA Rajabasa terdiri atas dua perjalanan yakni relasi Tanjungkarang-Kertapati atau sebaliknya dengan kapasitas per hari sebanyak 530 tempat duduk sehingga totalnya sebanyak 1.060 tempat duduk per harinya.

Kemudian, lanjutnya, KA Kuala Stabas terdiri empat kali perjalanan untuk tujuan Tanjungkarang-Baturaja dengan kapasitas per harinya 384 tempat sehingga totalnya sebanyak 1.536 tempat duduk.

"Untuk sampai saat ini kami belum ada rencana untuk menambah gerbong, ataupun perjalanan pada masa angkutan lebaran mendatang," kata dia.

Baca juga: Tiket KA pada H-1 hingga H-2 Lebaran 2023 di Daop Jember hampir habis

Baca juga: KAI operasikan enam KA Lebaran tambahan tujuan Semarang


Reza menyebutkan bahwa tiket KA yang telah terjual tersebut semuanya untuk perjalanan KA relasi Tanjungkarang-Kertapati yang telah dibuka H-45, sedangkan untuk KA relasi Tanjungkarang-Baturaja tiket baru bisa dipesan H-7 Lebaran 2023.

"Ya, 23.230 tiket yang terjual itu untuk relasi Tanjungkarang – Kertapati karena untuk KA relasi Tanjungkarang – Baturaja tiket baru bisa dipesan H-7 Lebaran," kata dia.

Dia juga mengatakan bahwa untuk persyaratan perjalanan sampai saat ini PT KAI masih memberlakukan penggunaan atau syarat untuk penumpang yang ingin menggunakan jasa angkutan kereta api dengan melengkapi wajib vaksin 3 kali.

"Kami masih mengacu pada Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 84 dimana untuk penumpang 18 tahun ke atas wajib sudah vaksinasi ketiga," kata dia.

Baca juga: 303 perjalanan kereta api tambahan disiapkan pada masa Lebaran 2023

Baca juga: Daop 6 Yogyakarta jalankan lima KA tambahan Lebaran

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2023