Medan (ANTARA) - Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, meraih penghargaan UHC (Universal Health Coverage/cakupan kesehatan semesta) Award 2023 dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"UHC Award ini jadi bukti keseriusan pak Wali Kota Medan mewujudkan lima program prioritas, salah satunya peningkatan pelayanan kesehatan," ujar Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman dalam keterangan tertulis di Medan, Sumut, Rabu.

Aulia mengaku penghargaan ini diberikan karena Kota Medan telah mencapai jumlah kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) lebih dari 95 persen jumlah penduduk.

Data dasbor jaminan kesehatan nasional (JKN) per 1 Maret 2023 menyebut, capaian UHC Kota Medan sebesar 2.434.358 jiwa atau 96,33 persen dari jumlah penduduk sebanyak 2.527.050 jiwa.

Dengan perinciannya 666.100 jiwa berasal dari penerima bantuan iuran (PBI) melalui pendanaan APBN, 537.078 jiwa berasal dari PBI melalui pendanaan APBD dan 702.010 jiwa berasal dari pekerja penerima upah (PPU).

Lalu 458.457 jiwa berasal dari pekerja bukan penerima upah (PBPU), dan 70.713 jiwa bukan pekerja (BP) terdiri atas investor, pemberi kerja, veteran, perintis kemerdekaan dan pensiunan.

Baca juga: Wapres apresiasi pemda berstatus Universal Health Coverage, dukung JKN
Baca juga: Pemkab Nagan Raya Aceh meraih penghargaan UHC dari pemerintah pusat

Selain Kota Medan, ada 81 kota di Indonesia meraih penghargaan UHC Award 2023 yang diserahkan oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI.

Terdapat empat kota di Provinsi Sumut selain Kota Medan yang meraih penghargaan UHC Award 2023, yakni Gunung Sitoli, Sibolga, Tebing Tinggi dan Tanjung Balai.

"Warga Kota Medan mendapat akses pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu tanpa hambatan finansial," ungkapnya.

Melalui penghargaan ini, terang dia, Pemkot Medan semakin termotivasi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Medan, khususnya di bidang kesehatan.

Diketahui, Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebut mulai 1 Desember 2022 warga Kota Medan bisa menggunakan KTP jika berobat ke-48 rumah sakit telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan di daerah ini.

"Mohon doa dan dukungan dari masyarakat agar apa yang menjadi program pak wali kota berjalan lancar membawa perubahan bagi Kota Medan menjadi lebih baik lagi," terang Aulia.

Baca juga: Pasaman Barat raih penghargaan UHC Award dari Menteri Dalam Negeri
Baca juga: Pemkot Jaktim raih penghargaan UHC terkait pelayanan kesehatan
Baca juga: Pemerintah gencarkan Gerakan Pesiar guna tingkatkan kepesertaan JKN

 

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2023