Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa ekonomi telah diberitakan Kantor Berita ANTARA pada Rabu (15/3), mulai dari Mendag pastikan stok pangan tercukupi jelang Puasa hingga Menko Airlangga sebut RI relatif siap hadapi sentimen negatif kebangkrutan SVB.

Berikut rangkuman berita ekonomi kemarin yang layak disimak pagi ini.


1. Mendag pastikan stok pangan tercukupi jelang Puasa

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memastikan bahwa ketersediaan stok pangan untuk persiapan Puasa dan Lebaran terpantau cukup aman.

"Ketersediaan terpantau cukup untuk memenuhi saat Puasa dan Lebaran. Data-data ini kami himpun dari pelaku usaha, pasar induk dan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) pangan," ujar Zulkifli dalam rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI di Jakarta, Rabu (15/3).

Selengkapnya di sini


2. Pemerintah resmi naikkan HPP gabah kering panen menjadi Rp5.000 per kg

Pemerintah resmi menaikkan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) gabah kering panen di tingkat petani menjadi Rp5.000 per kg dari HPP sebelumnya Rp4.200 per kg.

Kepala Badan Pangan Nasional (NFA) Arief Prasetyo Adi menjelaskan penetapan HPP terbaru ini untuk melindungi petani dari jatuhnya harga gabah kering panen (GKP) yang dinilai terlalu rendah.

Selengkapnya di sini


3. Bulog pastikan bansos jalan bulan ini usai kantongi data dari Kemensos

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso memastikan pihaknya akan segera menyalurkan bantuan sosial (bansos) beras kepada 2,3 juta keluarga penerima manfaat pada bulan Maret ini usai mengantongi data dari Kementerian Sosial.

Buwas menuturkan penyaluran bansos beras sejahtera tersebut akan dilakukan secara door to door atau langsung ke penerima manfaat, berbeda dengan tahun lalu yang penyalurannya lewat PT Pos Indonesia.

Selengkapnya di sini


4. Neraca Perdagangan Indonesia kembali surplus 5,48 miliar dolar AS

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa Neraca Perdagangan Indonesia pada Februari 2023 mengalami surplus sebesar 5,48 miliar dolar AS.

Surplus neraca perdagangan diperoleh dari transaksi di sektor nonmigas sebesar 6,70 miliar dolar AS, namun tereduksi oleh defisit perdagangan sektor migas 1,22 miliar dolar AS.

Selengkapnya di sini


5. Airlangga: RI relatif siap hadapi sentimen negatif kebangkrutan SVB

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia saat ini relatif lebih siap menghadapi sentimen negatif yang berasal dari kebangkrutan dua bank Amerika Serikat (AS), yakni Silicon Valley Bank (SVB) dan Signature Bank.

Selengkapnya di sini

 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2023