Garut (ANTARA) - Kepolisian Resor Garut menyampaikan hasil pengecekan jalur utama yang menjadi perlintasan kendaraan pemudik masih perlu perbaikan di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Hasil pengecekan ada jalan rusak yang perlu diperbaiki," kata Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro kepada wartawan di Garut, Senin.

Baca juga: Polresta Bandarlampung imbau warga tak gelar "sahur on the road"

Ia menuturkan jajaran Polres Garut secara bertahap melakukan pengecekan jalur di sejumlah ruas jalan utama seperti di daerah selatan Garut.

Hasil pemeriksaan di selatan, kata dia, ada beberapa jalan yang harus diperbaiki yakni di wilayah Cikajang, Cisompet, dan beberapa ruas jalan lainnya, sedangkan wilayah Caringin, Pameungpeuk sudah cukup bagus.

"Ada sedikit jalan rusak Cikajang Cisompet, Cibalong. Caringin, Pameungpeuk sudah bagus," katanya.

Ia menyampaikan hasil pengecekan di wilayah lainnya seperti daerah Garut bagian tengah maupun utara juga masih ada jalan kabupaten, provinsi, maupun nasional yang perlu diperbaiki.

Namun untuk jalur tengah, kata dia, pihaknya mendapatkan laporan sudah dilakukan perbaikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat di wilayah Leles dan Kadungura.

"Koordinasi dengan dinas terkait, dan dapat laporan untuk wilayah Kadungora sudah dilakukan pengupasan aspal," katanya.

Ia berharap pemborong yang mengerjakan proyek pembangunan jalan tersebut dapat dilaksanakan dengan benar dan sesuai target yaitu sebelum musim arus mudik atau Hari Raya Idul Fitri.

"Kami meminta kepada yang memegang proyek tersebut agar segera menyelesaikan, agar masyarakat dapat melaksanakan aktivitas perjalanan dengan aman, tidak ada macet lagi," katanya.

Ia menambahkan selain jalur tengah dan selatan, pengecekan juga dilakukan di jalur nasional Tasikmalaya atau sampai Malangbong perbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya.

Seluruh jalur yang dicek, kata dia, selanjutnya menjadi catatan dan akan dilakukan rapat koordinasi dengan pemerintah daerah untuk membahas berbagai persoalan jalur yang akan dilintasi pemudik.

"Hasil peninjauan kami akan disampaikan juga dalam pelaksanaan rakor di tingkat Kabupaten Garut, kita akan mengundang semua pihak terkait untuk melaksanakan rapat koordinasi," kata Kapolres.

Baca juga: Polsek Jagakarsa layani titip rumah dan motor saat mudik lebaran
Baca juga: Tempat hiburan di Tangerang mulai tutup dua hari sebelum Ramadhan
Baca juga: Pemkab Batang mengecek ketersediaan bahan pangan jelang Ramadhan

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2023