Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Sulawesi Utara(Sulut)  hingga 23 Maret 2023 mendatang.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang berpeluang terjadi di sejumlah wilayah kabupaten dan kota di daerah ini," kata  Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Molle di Manado, Senin.

Karena itu dia berharap, warga ataupun para pemangku kepentingan dapat memanfaatkan informasi cuaca yang disebarluaskan melalui kanal-kanal informasi yang telah disediakan.

"Kami akan terus melakukan pembaruan data cuaca, selanjutnya dibagikan dan dapat diakses masyarakat," katanya.

Ben menyebutkan, di tanggal 21 Maret, potensi cuaca ekstrem berpeluang terjadi di Kota Manado, Kota Bitung, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Minahasa Tenggara.

Begitu pun dengan wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Di hari berikutnya, kondisi cuaca seperti ini diperkirakan terjadi di Kota Manado, Kota Bitung, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Sementara di tanggal 23 Maret cuaca ekstrem diprediksi terjadi di Kota Manado, Kabupaten Minahasa, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2023