Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa melemah pada awal perdagangan Jumat, terseret oleh ekuitas bank dan jasa keuangan karena masih ada kekhawatiran tentang kesehatan sektor tersebut, dengan berita penyelidikan AS terhadap Credit Suisse dan UBS menambah tekanan pada saham.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terpangkas 0,9 persen pada pukul 08.09 GMT, tetapi pemulihan tajam awal pekan ini menempatkannya di jalur untuk kenaikan mingguan.

Saham Credit Suisse AG dan UBS Group AG masing-masing anjlok 6,4 persen dan 6,3 persen, setelah Bloomberg News melaporkan bahwa mereka termasuk di antara bank yang berada di bawah pengawasan Departemen Kehakiman AS (DoJ) yang menyelidiki apakah profesional keuangan membantu oligarki Rusia menghindari sanksi.

Raiffeisen Bank International Austria tergelincir 1,8 persen setelah Reuters melaporkan Bank Sentral Eropa menekan bank untuk melepaskan bisnisnya yang sangat menguntungkan di Rusia.

Secara keseluruhan, bank-bank Eropa jatuh 2,3 persen, dengan Deutsche Bank merosot 5,4 persen setelah lonjakan tajam dalam biaya asuransi terhadap risiko gagal bayar sehari sebelumnya.

Saham jasa keuangan turun 1,5 persen. Pembacaan sekilas aktivitas bisnis Maret S&P Global untuk zona euro dan Inggris akan dirilis di kemudian hari.

Baca juga: IHSG ditutup menguat di tengah pelemahan bursa kawasan
Baca juga: Wall St ditutup menguat setelah Yellen janji lindungi simpanan bank
Baca juga: Dolar jatuh di sesi Asia, pedagang pertimbangkan jalur suku bunga Fed

 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2023